Home / Art & Culture / 14 Negara meriahkan kompetisi International Folk Dance Festival – Bali.

14 Negara meriahkan kompetisi International Folk Dance Festival – Bali.

Balisoulmate.com – Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, bersama dengan Federasi Internasional Dance Festival (FIDAF) Indonesia menjalankan program bergabung “International Folk Dance Festival” di Bali (4 Oktober ke-18, 2016). Program ini merupakan bagian dari World Culture Forum 2016 Program mendukung.

DSC_1007

Sebanyak 14 negara yang ikut ambil bagian dari kompetisi International Folk Dance Festival 2016,  ke-14 negara itu seperti Argentina, Bulgaria, Republik Ceko, Yunani, Italia, Kazakhstan, Latvia, Polandia, Rusia, Uzbekistan, Thailand, dan Taiwan. Program ini sendiri diadakan pertama kalinya pada tahun 2013, yang menyajikan tarian kolaborasi dari semua negara peserta, dan koreografer oleh koreografer Indonesia. Dan Tari kolaborasi akan dilakukan di World Culture Forum Galla Dinner.

DSC_0941

International Folk Dance Festival sendiri dibuka pada 8 oktober di ardha candra Denpasar [Art Center], Deklarasi Kongres pada tanggal 9 Oktober, Karnaval Budaya di I bidang Gusti Ngurah Made Agung pada Oktober 11, Kinerja dan lokakarya Penyanyi Art Institute Denpasar dan SMK III Sukawati pada tanggal 14 Oktober, dan yang terakhir adalah menutup program dan pengumuman pemenang di Museum Puri Lukisan Ubud pada 16 Oktober.

DSC_0795

Kolaborasi tari diatur oleh koreografer Indonesia, Bimo Wiwohatmo. Bimo mengatakan bahwa tema tari kolaborasi memayu hayuning bawono. “Memayu hayuing bawono adalah kebijaksanaan hidup orang Jawa. Ini berarti untuk memperindah dunia “, ia menambahkan. Konsep ini diterapkan dalam gerakan tarian, yang merupakan kombinasi dari banyak negara.

DSC_0880

International Folk Dance Festival memberikan pesan “dengan budaya, dunia menjadi sempit, dunia menjadi dekat, dunia menjadi damai” Nyoman mengatakan, salah satu konseptor dari program.

Penulis : Gede Gandhi | Sumber : worldcultureforum-bali | Foto : Gede Gandhi.

About Balisoulmate