Home / Kesehatan / Atasi Cuaca Panas yang Melanda Denpasar

Atasi Cuaca Panas yang Melanda Denpasar

Friends … jika kalian lihat di setiap status BB atau Sosmed teman, kalian pasti ada yang ber status ” Wuihh panas nih cuaca ….” atau dengan status lainnya, terutama yang stay di wilayah Denpasar, emang sih dalam beberapa bulan ini cuaca di wilayah Denpasar cukup panas nya menyengat , Kita perlu untuk menjaga suhu tubuh di kisaran 35,5-37,5 ° C untuk melindungi organ vital tubuh kita dan memastikan tubuh berfungsi secara normal. Tubuh memperoleh panas dari kedua proses metabolisme di dalam tubuh maupun di lingkungan sekitar.

canicula

Ketika mengalami suhu panas dapat diantisipasi dengan perilaku adaptif, seperti berada di tempat teduh, di dalam ruangan , tempat-tempat ber-AC dan menggunakan kipas untuk mengalirkan udara. nih ada beberapa tips Soulmate untuk menggatasi cuaca panas saat ini.

  • . Minum air yang banyak. Minumlah 2-4 gelas cairan dingin setiap jamnya. Hindari meminum minuman berkafein atau beralkohol karena justru dapat mengakibatkan dehidrasi. Selain air mineral, es teh herbal atau jus dapat membantu menyegarkan tubuh.
  • . Berada di dalam ruangan yang sejuk. Bila memungkinkan, cari ruangan yang ber-AC. Beristirahat selama kurang lebih 2 jam di ruangan ber-AC dapat mengurangi kemungkinan munculnya penyakit akibat hawa panas. Bila tak ada AC, paling tidak hindari berada di tingkat atas.
  • . Rencanakan kegiatan di luar ruangan dengan baik. Jika harus keluar, keluarlah sebelum tengah hari atau saat malam tiba. Saat-saat itu, cuaca akan lebih sejuk. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan, atau jadwalkan pada waktu-waktu tersejuk yang ada, biasanya pada pagi hari.
  • . Berikan istirahat pada tubuh. Panasnya udara sangat mengganggu tubuh. Kurangi kegiatan fisik hingga tubuh menyesuaikan dengan panasnya udara. Berbaringlah sejenak.
  • . Makanlah makanan yang ringan, hindari makan dengan porsi besar. Makan lebih sering dengan porsi kecil akan lebih mudah dicerna. Hindari pula makanan dengan protein tinggi, karena makanan tersebut makan meningkatkan panas dalam tubuh.
  • . Kenakan pakaian dengan warna yang putih atau terang. Ini akan membantu memantulkan cahaya matahari. Pakaian bewarna gelap justru akan menyerap panas.
  • . Gunakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar. Bila kulit terbakar matahari, akan sulit bagi tubuh untuk kembali menyejukkan diri.
  • . Jangan pernah meninggalkan anak-anak di dalam mobil tanpa penjaga, bahkan hanya untuk beberapa menit. Termasuk dengan jendela sedikit terbuka. Temperatur di dalam mobil dapat meningkat berkali lipat dibandingkan dengan temperatur udara luar hanya dalam waktu beberapa menit.
  • . Gunakan kipas angin. Walau kipas angin tidak menurunkan temperatur, kipas angin dapat membantu mensirkulasi udara yang dapat menurunkan suhu tubuh.
  • . Bagi cowok mungkin malu pakai payung, cobalah pakai payung jika ingin keluar rumah, kalau masih malu, minimal pakai topi .

So friends gimana menurut kalian dengan beberapa tips yang mengatasi cuaca panas saat ini ada baiknya juga kalian mencobanya engga ada ruginya juga kan friends, so keep on Be Smart Be Active …

About Deni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*