Home / News / Bahaya Nggak ya Mematikan Komputer dengan Paksa??

Bahaya Nggak ya Mematikan Komputer dengan Paksa??

Apakah Kamu takut mematikan laptop atau komputer langsung dengan memencet tombol power? Jika iya, kamu tidak sendirian mate. Karena di luar sana banyak yang khawatir bila komputer mereka akan rusak bila melakukan hal tersebut. Lalu, apakah anggapan itu benar?

Jawabannya adalah salah! Komputer dan laptop yang ada saat ini sudah sangat cerdas dan didesain agar dapat mati dengan ‘hati-hati’.

Ya, saat kamu menekan tombol power atau on/off maka komputer akan mengirim perintah pada sistem operasi untuk mematikan semua kegiatan yang ada sebelum akhirnya benar-benar mati. Dengan begitu hardware dan software komputer tidak akan terkena dampak negatif atau kerusakan.

Komputer modern mempunyai sebuah teknologi yang bernama ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang bisa membuatnya aman saat dimatikan menggunakan tombol power. ACPI sendiri juga berperan dalam fitursleep atau hibernasi komputer.

Di kasus lain, jika Sobat Soulmate mempunyai komputer tua yang berumur di atas 10 tahun atau yang dijual dengan sistem operasi Windows 95 atau Windows 98, sebaiknya kamu menghindari cara mematikan komputer dengan tombol power. Sebab, komputer tua akan secara otomatis memutus arus listrik ke seluruh hardware jika tombol power ditekan. Hal tersebut tentunya dapat merusak komputer, termasuk hard disk yang dipaksa untuk berhenti secara tiba-tiba.

Nah, hal yang harus dihindari oleh pengguna adalah mematikan komputer yang sedang hang dengan menekan tombol on/off. Saat komputer hang, maka sinyal ACPI yang dikirimkan ke Windows kemungkinan besar juga akan terkendala. Sehingga hang komputer akan semakin parah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, banyak user yang menekan tombol on/off beberapa detik untuk mematikan komputer secara paksa. Cara ini memang sering membuahkan hasil, namun perlu diketahui bila metode ‘ekstrem’ ini bisa membuat data-data penting yang belum tersimpan hilang.

<sumber:merdeka.com>

About Balisoulmate