Home / News / Bali Bloger Community : berkumpul, berbagi dan profesi

Bali Bloger Community : berkumpul, berbagi dan profesi

Balisoumate.com- Banyak cara bisa dilakukan untuk bisa sharing, termasuk sharing lewat tulisan, seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas yang satu ini, ya mereka menamakan diri dengan Bali Bloger Community [BBC]. Komunitas yang cukup active dalam melakukan aktivitas menulis ini cukup menginspirasi bagi kaula muda Bali Khususnya, yuk biar tidak penasaran kita ngobrol bareng mereka…..

Hi BBC, Bagaimana kabar?
Kabar lumayan menyenangkan dan tergantung isi dompet hahaahaha
Wahh bagaimana sih awalnya kalian bisa terbentuk?
Resmi terbentuk pada 11 November 2007 di Denpasar, Bali. Cikal bakal Bali Bloger Community sendiri sudah dimulai sejak Juni 2007 yang dimulai dengan berkumpulnya empat blogger Bali.
Ini sekaligus Kopdar Pertama Blogger Bali. Sebagai tindak lanjut Kopdar itu, dibuatlah mailing list baliblogger@yahoogroups.com. Dari sini, satu per satu blogger Bali mulai menghimpun diri. Hingga kemudian pada Kopdar Ketiga Blogger yang diikuti 33 blogger Bali dari beragam latar belakang, Bali Bloger Community resmi berdiri.

76732_1597003458785_5945209_n
Kalian menulis apa saja selama ini? Apakah cendrung ke politik? Kehidupan atau all in one?
Karena Bli Blogger Community terdiri dari banyak latar belakang profesi dan pendidikan jadi tulisa di Blog juga beragam. Cenderung sih ke pengalaman pribadi, seperti musik, lingkungan, kesehatan atau pengalaman menggunakan fasilitas publik.
Jumlah angota BBC berapa? Dan dari kalangan apa saja?
Di mailing list ada sekita 400an, di Whatsapp Group ada 52 orang. Dari kalangan IT, dosen, jurnalis, designer, kartunis, pegawai negeri, aktivis LSM, pekerja pariwisata, mahasiswa, ibu rumah tangga, dokter, musisi, seniman, dll.

155044_1597005338832_6610894_n
Bagaimana cara untuk bisa bergabung di BBC? Ada syarat khususkah?
Puasa Mutih 7 Siang, 7 Malam. Punya Blog (Iya iyalah, kalau punya batu masuknya club Akik). Buka http://groups.yahoo.com/group/baliblogger/ lalu tekan tombol join. Memasang “badge” Bali Blogger dan link ke http://www.baliblogger.org/
Event apa saja yang sudah pernah diadakan oleh BBC, dan prestasi apa saja yang dimiliki oleh BBC?
Kita paling sering membuat kegiatan sosial seperti donor darah, berbagi di rumah Sakit Jiwa Bangli, yang pasti dari blog kita sering menyuarakan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan Bali. Prestasi… ahk biar orang saja yang menilai tentang komunitas ini. Seperti pepatah air hujan jatuhnya ke pelimbahan jua.

Bloody Valentine 4
BBC dimana sih biasanya ngumpul? Punya tempat ngumpul tertentu ?dan kapan biasanya kalian ngumpul?
Mau ngumpul aja susah, apalagi punya tempat ngumpul. Karena komunitas ini berbasis teknologi kami merasa “kopdar” (Kopi Darat) itu mahal sekali harganya. Lebih hemat beli paket quota dan cuap-cuap di group-chat. Tapi biasanya kalau untuk koordinasi kegiatan kita sering ngumpul di kantor temen kita di Sloka Institute, Jalan Noja Ayung No.3, Gatsu Timur, Denpasar atau kantung-kantung komunitas kreatif di seputaran Denpasar.
Harapannya kedepan apa?
Blog itu sebenarnya tak tergantikan perannya sebagai salah satu “marketing tools” tapi menulis lebih dari 144 character tidak begitu populer dikalangan anak muda jaman sekarang. Tentu saja “nyujuh ipian” blogger adalah untuk tetap diberikan energi untuk tetap menulis di blognya.Bloody Valentine 5

Terakhir apa nama medsos BBC?
Twitter: @baliblogger
Jadi bagaimana dengan kalian mate? Jika tertarik langsung join aja dengan komunitas yang satu ini.

Penulis : Gede Gandhi | Foto : BBC

About Balisoulmate