Home / News / Bali Numismatik : Mempelajari Sejarah dalam bentuk uang!

Bali Numismatik : Mempelajari Sejarah dalam bentuk uang!

Sejarah memang bisa kita pelajari dari berbagai sumber salah satunya adalah uang. Uang? Ia dong uang merupakan sebuah alat tukar yang digunakan oleh manusia, bahkan sebelum ada uang manusia menggunakan system barter dalam berteransaksi. Salahsatu komunitas yang ada di Bali ternyata ada nih bergelut dengan uang kuno bahkan fosil yang digunakan sebagai alat transaksi pun ada dalam komunitas ini, wooooow yuk kita Tanya lebih mendalam lagi bersama komunitas yang unik satu ini…..

DSC_0933

Bagaimana sih latarbelakang Bali Numismatik ini bisa terbentuk?

Jadi pada dasar kita disini memiliki hobby yang sama, yakni mengumpulkan atau koleksi uang kuno dari berbagai negara, nah bertumpu dari hobby yang sama itulah terlahir Bali Numismatik…

 

Bali Numistik, apasih makna /filosofi di balik nama Bali Numismatik itu sendiri?

Untuk filosopi sih sebenarnya tidak ada, ini murni hanya untuk mempererat persaudaraan antar pecinta uang kuno yang ada diBali namun jika kita telisik dari segi nama, Bali ya tempat kita tinggal sekarang ini terus untuk Numismatik sendiri memiliki arti kegiatan mengumpulkan berbagai jenis mata uang baik itu berupa koin, token, uang kertas, dan benda-benda terkait lainnya.

DSC_0945 

Kapan kalian resmi terbentuk?

Kita resmi terbentuk sejakn 25 OKtober 2015

Darimana saja anggota dari Bali Numismatik [umum atau bagaimana]?

Dari berbagai kalangan, karena disini tidak ada batasan untuk bergabung, selama memiliki hobby yang sama, yakni mengumpulkan /koleksi uang kuno.

Terus apa saja kegiatan dari Bali Numismatik ini? Apakah hanya sekedar ngumpul terus saling share tetang uang kuno sajakah? Atau bagaimana?

Ngumpul bareng dan share itu adalah rutinan dari komunitas kita, selain untuk mempererat tali persaudaraan juga, selain itu kita juga ikut lelang International [java auction] dan salah satu anggota juga pernah mengadakan pameran tentang uang kuno….

11016064_1014772901884741_6930555926878867740_o(1) 

Ngomongin masalah uang kuno, uang kuno yang paling tua yang ada di communitas Bali Numismatik ada nggak sih? Jika ada asalnya darimana dan nominal berapa?

Sampai saat ini yang kita punya untuk jenis uang kertas ada pada tahun 1904 dan untuk jenis koin ada pada 1857, ya mungkin ada yang jauh dari itu karena sebenarnya kita belum sempat saja untuk mengumpulkan masa edarnya….

Uang kuno! Apakah ada perlindungan hukum untuk kepemilikan/ pemilik terhadapan uang itu sendiri?

Untuk hal yang satu ini memang belum ada, namun ada yang namanya garansi perlindungan uang yang dikoleksi, badan grading international yang bernama Paper Money Grading [PMG] untuk uang kertasny sedangkan Numismatik Grading Coint [NGD] untuk uang jenis koinnya.

Ada untuk di Indonesia sendiri, ada asosiasinya nggak sih untuk hal seperti ini?

Ada, namun masih sebatas komunitas resmi yang bernama ANI atau Asosiasi Numismatik Indonesi

Terus apakah Bali Numismatik ini sudah pernah mengadakan pameran tentang uang kuno? Atau mungkin salah satu anggotanya yang sudah pernah mengikuti atau mengadakan pameran ?

Bali Numismatik sendiri pernah pameran di Jakarta Fair 2016

DSC_0949

Nah susah nggak sih merawat uang kuno itu sendiri? Ada tips dan triknya mungkin?

Untuk merawatnya sendiri sih tidak terlalu susah, jadi kita tinggal masukkan uang tersebut ke masing-masing holder. Untuk tipsnya sendiri disarankan untuk tidak memegang uang jenis kertas maupun koin jenis grade UNC dengan tangan, gunakalah sarung tangan yang bersih dan kering, secara lebih aman degrading ke lembaga Internation seperti PMG dan NGC.

Bagaimana caranya jika ada yang mau bergabung dengan Bali Numismatik atau sekedar pingin tau tentang uang kuno?

Bisa bergabung medsos kita di Bali Numismatik New untuk Facebook dan Bali_Numismatik di Instagram serta bertemu langsung dong ya hehe sambil memperlihatkan koleksi masing-masing

Wahhh keren ya, jadi kita sekaligus tau sejarah uang masing-masing Negara ya. [GAN]

About Balisoulmate