Home / News / Baterai kameramu cepat habis? Mungkin ini penyebabnya

Baterai kameramu cepat habis? Mungkin ini penyebabnya

Hemmmm…… baterai kamera itu ibarat jantungnya sang kamera, ketika sedang asik memotret dan ternyata baterai kamera kita habis? Wahhh sangat disayangkan sekali beberapa moment yang kita temui kana lewat begitu saja. Okey jika kita sedang membawa baterai cadangan namun seringkali tidak memilikinya, nah kali ini kita akan kasitau bagaimana sih cara menghemat baterai kamera kita agar tidak cepat habis?

 

Kurangi menggunakan layar LCD

Sebab kamera perlu banyak energy listrik ketika kita menyalakan layar LCD. Ketika sedang memotret hindari sebisa mungkin untuk menggunakan mode live view pada kamera anda, karena ini juga akan memerlukan banyak energy baterai kamera anda.

nikon_d300_lcd

Sebisa mungkin gunakan mode Manual Focus

Mungkin terdengar sedikit ribet tapi percayalah jika autofocus pada kamera anda active maka yang terjadi ketika kita menekan shutter release separuh kamera akan memerintahkan lensa untuk mencari focus dan secara mekanis kamera akan berputar mengunci titik focus. Dan perlu digaris bawahi, sebelum menggunakan mode manual focus pastikan anda mengerti cara menggunakan manual focus serta kondisikan saat anda menggunakan mode manual focus.

Tips_Teknik_Foto_kamera_digital_dslr-1121

Mainkan ISO dan kurangi Flash

Jika anda mengetahui secara detail bahwa Built in flash yang ada di kamera anda akan sangat memboroskan baterai saat dipakai. Mainkan setting ISO supaya kebutuhan akan flash bisa dikurangi, jika dalam keadaan malam anda bisa mengkondisikan hal ini.

13479798291248913685

Memotret Lebih Selektif

Ibarat sedang menggunakan kamera analog, lebih selektivlah dalam memotret. Perlu dipikirkan juga dengan Shutter release pada kamera anda agar tidak terlalu banyak hsil jepretan yang terbuang begitu saja. Pikirkan betul-betul apakah jepretan ini sesuai kriteria dan fokuslah pada apa yang benar-benar sesuai dengan tujuan utama. [GAN]

Foto by istimewa

 

 

About Balisoulmate