Home / News / Belajar Bareng Hidroponik Bali

Belajar Bareng Hidroponik Bali

Apakah hidroponik itu? Sebagian besar dari kita mungkin masih bertanya-tanya tentang hidroponik. Diambil dari Wikipedia.org arti hidroponik adalah ”budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.” Setelah banyaknya penelitian akan pentingnya pupuk bagi tanaman maka ditariklah sebuah kesimpulan bahwa “Tanaman akan tetap tumbuh dengan baik, jika kebutuhan nutrisi selalu tercukupi.”

IMG_1316 IMG_1300

Ada beberapa system hidroponik yaitu system air statis (lebih dikenal sebagai system wick), NFT, DFT, EBB, Aroponic, Dutch bucket dan lain lain. Beberapa media tanam dihidroponik adalah rockwool, arang sekam, perlite, kerikil, pasir dll yang terpenting media ini inert (tidak menyediakan unsur hara), media lebih sebagai penyangga dan buffer. Beberapa keuntungan hidroponik adalah tidak membutuhkan tanah, air terus bersikulasi didalam system, mudah dalam pengendalian nutrisi sehingga penggunaan nutrisi lebih effisien, relative tidak menghasilkan polusi nutrisi kelingkukan, bebas dari gulma (rumput pengganggu), masa panen lebih cepatm dan lain-lain.

Di Indonesia hidroponik mulai dikenal sejak tahun 1990an, sempat booming sesaat di tahun 1991 lalu minat masyarakat menurun. Di tahun 2014 hidroponik kembali menjadi pilihan untuk bercocok tanam, alasan utama adalah kurangnya lahan bagi masyarakat, terutama didaerah perkotaan.

IMG_1321 IMG_1274

Pada tanggal  5 Maret 2014 dibentuklah sebuah group di Facebook dinamai “Belajar Bareng Hidroponik” lebih di kenal sebagai BBH, Visi nya adalah membangun dan menjadikan insan hidroponik menghasilkan produk pertanian yang bernilai tambahdan berdaya saing secara regional maupun global serta berkelanjutan. Sedangkan untuk misi yang pertama adalah mensosialisasikan dan menyelenggarakan pengenalan, pelatihan hidroponik praktis dan berteknologi tepat guna kepada insane hidroponik Indonesia. Yang berikutnya adalah menata supply chain baik produk maupun sarana dan prasarana hidroponik untuk menopang daya saing hidroponik Indonesia.

Sampai sekarang ada beberapa cabang BBH yaitu BBHJaTim, BBHJaBar, BBHSumUt, BBHAceh, BBHBali dan BBHJateng. Saat ini member diBBH pusat ada 36. 483, setiap saat member bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar hidroponik secara online via group. BBH pun kerap kali mengadakan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat yang tertarik tentang hidroponik.

IMG_1272 IMG_1290

Di bali sendiri hidroponik mulai terlihat geliatnya, oleh sebab itulah BBH pusat memutuskan membentuk group facebook yang bernama Belajar Bareng Hirdroponik untuk Komunitas Hidroponik di Bali. Salah satu adminya adalah Niar Seruni yang berlokasi di Legian. Jumlah member yang ada saat ini adalah 165. Didalam group kami saling berbagi ilmu tentang hidroponik, kami juga membantu teman-teman yang membutuhkan perlengkapan berhidroponik contohnya nutrisi ABmix, netpot, PHmeter dll. Pada tanggal 10-14 Desember 2014 kemarin kami ikut serta dalam kegiatan Pameran Hortikultura Kota Denpasar, untuk kedepannya kami akan mencoba ikut kembali dalam kegiatan pameran hortikultura berikutnya. Jika ada yang berminat kami juga menyediakan pula pelatihan untuk pemula. Bagi yang penasaran apakah hidroponik itu ayoo join group BBHBali.

About Balisoulmate