Home / News / Bukit Kursi : wisata alam, trekking dan wisata spiritual.

Bukit Kursi : wisata alam, trekking dan wisata spiritual.

Balisoulmate.com – Singaraja, memang takkan pernah habis untuk kita explore, setelah beberapa edisi lalu kita sempat berkunjung ke wisata air terjun, pemandian air panas hingga brahma viharanya, nah kali ini tema soulmate magazine bertandang ke Singaraja bagian barat tepatnya sebelah selatan Pura Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Namanya adalah Bukit Kursi, lokasi ini kini cukup terkenal dibenak para traveler. Bukit Kursi sendiri merupakan barisan perbukitan. DCIM100GOPROGOPR4280. Pada Puncak Batu kursi sebenarnya ada sebuah pura kecil. Banyak juga umat Hindu yang tangkil ke Pura ini. Jangan lupa untuk berbekal minuman ya mate, karena untuk sampai ke puncak, kalian harus menyusuri ribuan anak tangga. Namun yakin, selama menyusuri anak tangga itu, kesulitan dan rasa capek sebenarnya terobati dengan suasana di sekelilingnya. Indah sekali! Pemandangan kecamatan Gerokgak dan sekitarnya mungkin hingga sejauh mata memandang, kita akan dimanjakan dengan pemandangan panorama biru Teluk Pemuteran terlihat sangat indah.

Sejumlah perahu tradisional yang sedang sandar terlihat sangat kecil, begitupun perahu-perahu yang lalu lalang diatas birunya laut. Jika musim liburan tiba, Bukit Kursi selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Wisatawan Domestik banyak yang berdatangan dari luar Kabupaten Buleleng. Bahkan, salah satu musisi Bali, Gus Teja pernah membuat sebuah klip di atas perbukitan Batu Kursi.

 

Sementara wisawatan mancanegara yang sering ke daerah ini biasanya lebih banyak untuk menyusuri jalur trekking. Bukit kursi sendiri sebenarnya berdekatan dengan tempat wisata lainnya, seperti menjangan dan setelah kalian lelah mendaki bukit kursi kalian juga bisa menikmati alam bawah laut di desa Pemuteran melalui snorkeling atau diving. DCIM100GOPROGOPR4298. Di sebelah timur kawasan Batu Kursi,merupakan kawasan latihan militer milik TNI. Beberapa lokasi latihan militer dikawasanini juga terdapat di belakang perbukitan Pura Pulaki, berdekatan dengan  Pura Melanting. Suasan yang berbeda kita rasakan jika kita berkunjung ke bukit ini dalam dua musim yang berbeda. Jika musim kemarau, kawasan ini sangat kering kerontang namun tetap memunculkan keindahannya.

Saat musim penghujan bukit ini sangat hijau. Padang savanna tumbuh dimana-mana di seluruh punggung perbukitan. Jika kalian ngakunya traveler dan penasaran ayo datang ke bukit kursi dengan syarat ingat jaga kebersihan lingkungan ya. [GAN]

About Balisoulmate