Home / Hoby / CERITA PERJALANAN KUCING SEBELUM JADI HEWAN KESAYANGAN

CERITA PERJALANAN KUCING SEBELUM JADI HEWAN KESAYANGAN

Hai Mate, apakah Kamu salah satu penyuka kucing? Iya, hewan satu ini bener-bener bikin orang ketagihan buat melihara, selain manjanya yang bikin ngga nahan, bulu, dan tingkah lakunya yang lemah lembut buat orang ngga tega buat ngga ngelus. Tapi sebelum bicara banyak soal kucing, info yang satu ini perlu banget buat kamu ketahui sebagai seorang penyayang kucing. Cekidot…

Dulu kucing adalah binatang liar. Kemunculannya tidak luput dari miacis (sejenis musang yang hidup liar pada 60 juta tahun silam). Binatang inilah nenek moyang bangsa kucing. Perkembangan evolusi keluarga kucing terbagi dalam 3 kelompok, yaitu Panthera, Acinonyx, dan Felis. Felis adalah sejenis kucing kecil, salah satunya African Wild Cat (Felis Sylvestris) yang kemudian berkembang menjadi kucing modern. Di alam, kucing hidup sebagai pemburu soliter, memangsa tikus kecil, dan burung.

IMG_7627
Meski demikian, hingga kini belum ada literatur yang mengungkapkan sejarah kucing mulai dipelihara manusia. Dugaan para ahli sejarah menyatakan kucing hidup berdampingan dengan manusia sejak 5.000 tahun silam. Kala itu, penduduk di Mesir memanfaatkan kucing sebagai “penjaga” lumbung gandum untuk menghalau tikus di sepanjang sungai Nil. Wajar, bila penduduk Mesir menyembahnya sebagai dewi kucing Bastet pada masa 600-200 SM. Bastet dilambangkan dengan kepala kucing yang berarti dewi kesuburan, kehidupan, dan kematian. Begitu agungnya, ada peraturan yang melindunginya. Hukuman berat bakal dijatuhkan bila terbukti menyakiti dan membunuhnya. Kucing juga mendapat tempat terhormat. Ketika kucing mati, pemilik pun memandikannya layaknya anggota keluarga sebelum dimakamkan. Bahkan, bila pemiliknya meninggal dunia maka jasad kucing juga diikutkan ke pemakaman sebagai perlambang cinta dan keabadian. Hal itu terbukti saat ditemukan 300.000 mumi kucing di kuil Bast. Mereka percaya kucing bisa mempunyai kekuatan magis untuk melihat kebenaran dan kehidupan.  Itulah sebabnya kucing dipanggil “mau”. Sebutan itu mungkin karena suaranya “meaou”, tetapi arti sebenarnya adalah “melihat”.
Penyebaran kucing ke penjuru pelosok dunia berkat jasa pedagang asal Cina yang berkunjung ke Mesir pada 400-595 M. Dari Cina, kucing-kucing itu menyebar ke Jepang semasa kekaisaran Ichi-Jo. Masuknya kucing ke Inggris atas jasa orang Romawi. Penyebaran itulah yang menyebabkan terjadinya kawin silang antarkucing sehingga menghasilkan ras baru yang memiliki ciri fisik dan karakteristik berbeda. Kucing mengalami domestifikasi begitu sempurna dan mampu berhubungan erat dengan manusia.

About Balisoulmate