Home / Kesehatan / Diet dengan Sinar Matahari

Diet dengan Sinar Matahari

Padatnya rutinitas yang harus dijalani setiap hari seringkali membuat kita malas untuk bangun pagi. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita temukan saat beranjak keluar dari kamar tidur, dan menikmati mentari pagi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University Feinberg School of Medicine, cahaya matahari pagi sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, cahaya matahari pagi mampu merangsang tubuh memproduksi hormon serotonin dan vitamin D.

sinar-matahari-mirror

Responden yang berjumlah 54 wanita dengan usia rata-rata 30 tahun dilibatkan dalam penelitian tersebut. Selama tujuh hari, mereka mengenakan alat berupa monitor yang diletakkan di pergelangan tangan untuk menghitung paparan sinar matahari ke tubuh mereka, lalu asupan kalori mereka juga dijaga ketat setiap harinya. Hasilnya, responden wanita yang mendapat lebih banyak cahaya pagi menurun angka BMI-nya (Indeks Massa Tubuh) dibandingkan mereka yang kurang terkena cahaya pagi. Apa penyebabnya?

Pertama, mereka yang terbiasa bangun lebih pagi dan berkesempatan menikmati cahaya matahari pagi, umumnya memiliki jam tidur yang teratur. Nah, kebiasaan tidur teratur ternyata berdampak terhadap penurunan berat badan.Saat tidur, hormon leptin dan ghrelin bekerja untuk menyeimbangkan sistem yang mengontrol rasa lapar dan kenyang, jelas Michael Breus, PhD, pengajar di Atlanta School of Sleep Medicine di Atlanta. Ghrelin merangsang nafsu makan, sedangkan leptin berfungsi mengirim sinyal ke otak ketika Anda kenyang.

“Ketika Anda tidak cukup tidur, hal itu mendorong penurunan kadar leptin. Yang artinya, Anda tidak merasa puas meskipun selesai makan. Kekurangan tidur juga menyebabkan kadar ghrelin meningkat, yang menstimulasi nafsu makan Anda,” papar Breus. Kedua, cahaya matahari pagi lebih baik untuk kesehatan kulit dan sel-sel tubuh manusia. Cahaya matahari pagi terbukti mampu memperbaiki kondisi kulit yang kronis akibat jerawat, eczema, dan psoriasis. Paparan cahaya matahari juga mengurangi bekas-bekas luka, dan kekurangan kulit lainnya.

Jadi, luangkan waktu kamu sobat Soulmatesedikitnya 20-30 menit setiap pagi antara pukul 07.00 hingga 09.00. Nikmati juga minuman jus atau air perasan lemon untuk menambah kebugaran Anda.

<sumber:tabloidnova.com>

About Balisoulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*