Home / News / DULU ALAY.. KINI CABE – CABEAN..

DULU ALAY.. KINI CABE – CABEAN..

Sebuah istilah baru menggeser kedudukan alay, yaitu cabe-cabean. Istilah ini makin berkembang layaknya lumut yang bermunculan di musim hujan. Apa aja sih yang dilakuin orang sampai bisa disebut cabe-cabean?

cabecabean

Istilah cabe – cabean awalnya muncul di kalangan anak – anak motor yang sering melakukan balap liar. Kemudian, tren cabe-cabean makin meluas. Istilah cabe-cabean sekarang dipakai untuk menyebut sosok perempuan usia belia dengan tampilan yang mencolok. Kalo cabe-cabean untuk cewek, ada juga istilah terong-terongan yang berlaku bagi para cowok. Biasanya, remaja jenis cabe-cabean dan terong-terongan ini sukanya berkeliaran di jalanan dengan dandanan yang mencolok, pakaian yang minim dan super ketat, kebut-kebutan, bawa hp pintar (baca:smartphone) untuk digunakan update status atau share foto dan biasanya mengendarai motor dengan kapasitas berlebihan, dari tiga sampai empat orang. Istilah ini semakin ngetren setelah penyanyi Imey Mey menyanyikan lagu dengan judul yang sama.

cabe cabean

Banyak yang bilang kelakuan remaja seperti ini engga baik, “Soalnya kaya penyakit masyarakat, masak ke luar rumah mencolok banget, kan engga baik,” kata Gus Dharmaputra. Pendapat lain disebutkan Iwan, “Positifnya bisa nambah wawasan mungkin, tapi negatifnya buang-buang waktu mereka yang harusnya bisa digunakan untuk hal yang berguna.” Tapi ada pandangan berbeda tentang ini, Agustin, salah satu siswa SMK kelas dua menyebutkan, “Cabe-cabean ada untungnya juga, orang-orang jadi pakek celana panjang biar engga dibilang kaya cabe-cabean.”

cabean2

Negatifkah? Itu tergantung dari sudut mana dipandangnya. Menurut psikolog Tika Bisono, yang dilansir tempo.co, menyebutkan bahwa remaja dengan perilaku seperti ini wajar terjadi. Karena masa remaja sedang mencari jati dirinya. Nah sobat soulmate, udah tahu negatifnya kan? Itulah yang bisa dibuang, yang positifnyalah yang diambil. Setuju kan?? (day)

About Balisoulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*