Home / Music / ERUPSY : Guncang Panggung “world music”

ERUPSY : Guncang Panggung “world music”

Balisoulmate.com – Mendengar kata Erupsy mungkin sangat mengerikan, identic dengan sebuah bencana alam tapi jangan cepat mengambil kesimpulan dulu ya mate, kita saat ini tidak sedang membahas sebuah tragedy namun ada salah satu band cadas asal kota seni Gianyar yang mengadopsi nama band mereka dari sebuah tragedi. Jangan coba untuk meragukan kemampuan dari band yang mengusung gendre metal/ deadmetal, katanya sih sudah banyak “mengguncang” panggung music cadas bukn saja hanya di Bali saja tapi sudah merambah hingga ke pulau Jawa. Nah biar tidak terlanjur berkelana dalam hayalan tentang band ini, yuk kita simak percakapan singkat Wartawan Soulmate Magzine bersama Erupsy……

6
Erupsy? Kenapa kalian pilih nama ini? Apa filosofi yang terkandung dalam nama tersebut?
Jadi begini awalnya, nama Erupsy ini di pelopori oleh Alif dan Dicky Kribo yang terinspirasi dari seringnya pemberitaan di media, tentang bencana alam seperti gunung meletus yang menyebabkan terjadinya Erupsi, nah darisanalah awal mula tercetus ide untuk menggunakan nama Erupsi untuk band ini, hanya saja huruf “i” pada tulisan ERUPSI diganti dengan huruf “y” sehingga menjadi ERUPSY, untuk filosofinya sendiri ya semoga kedepannya mampu mengguncang masyarakat, terutama penikmat music underground yang bergendre metal dan bukan saja di Bali namun harapan kami di Dunia, seperti terjadinya Erupsy yang sangat dashyat saat gunung meletus…..

5
Katanya sejak kalian terbentuk sudah “memuntahkan” beberapa single, nah apa saja itu? Serta dimana bisa didapatkan?
Dari awal band Erupsy terbentuk, sudah sering sekali menjejali panggung di Bali, dan hingga saat ini Erupsy memiliki 5 singgle andalan yaitu KAMUFLASE EGOISME, AGRESI ANOMALI, KONTRA AGAMA, SIASAT BANGSAT, dan NGELEKAS, namun Erupsy hanya merecording 2 singgle andalannya saja yaitu KAMUFLASE EGOISME, dan KONTRA AGAMA, saat ini lagu dari Erupsy juga dapat di dengar melalui apikasi Soundcloud.

4
Ngomongin masalah single dan awal kemunculan kalian, sebenarnya kalian terbentknya kapan?

Erupsy terbentuk pada awal tahun 2014, di pinggiran kota Gianyar, tepatnya di Daerah Batubulan, Gianyar pada 13 Januari 2014. Erupsy sendiri sejak awal terbentuk memang sudah mengusung gendre Underground yang tepatnya mengambil aliran Metal/Deathmetal. Dulu formasi awal dari Erupsy hanya beranggotakan 4 orang yakni vocal : Rizto Dicky Rahardja alias Dicky Kribo, lead guitar : Alif Nugraha Wiwasa alias Alif, Rhythm, guitar : I.Gst Bgs Alit Widiarta alias Alit dan Drum : Yoga. Namun seiring berjalannya waktu I Kadek Sudiana alias Bebex teman dari Dicky Kribo bergabung untuk melengkapi posisi gitar bass dalam Erupsy namun tak lama berselang pada tahun 2014 sang drummer mengundurkan diri karena ada kesibukan yang lain, akhirnya posisi drumm di isi oleh I.B Ananda Adi Swabawa alias Gus Adi yang kebetulan juga merupakan teman dari Alif & Alit. Setelah masuknya Gus Adi, Erupsy mulai menambahkan materi yang lebih cadas pada drumm maupun pada instrumen lainnya dengan mengimnfluence band lain seperti : DEICIDE, MESHUGGAH, KRONOUS, MAAT, DYING FETUS, WHITECHAPEL, PHYRITHION, THE FACELESS, BEHEADED, THY ART IS MURDER, HELLCRUST, SIKSA KUBUR, dan ETERNAL MADNES, dan secara kebetulan juga semua personil Erupsy saat ini juga memiliki pengalaman musik yang masih sejalan dengan aliran Metal…..

3

Kalian sudah pernah menjajal panggung sampaimana?
Untuk saat ini kita terjauh hingga ke Banyuangi yakni pada gelaran “BANYUWANGI METAL GRILIYA #9, di Gesibu Blambangan, Tgl: 15 February 2015. Sisanya masih lingkup Bali sebut saja “MAIN EVENT GRANAT (Scream For Unity) Welcome Stage, di Lap. Mengemudi Serangan, Denpasar, Tgl: 24 September 2016”. “A ZONE ROAD TO SHOW, di Lap. Sayan Ubud, Gianyar, Tgl; 4 Mei 2016”. Dan tentunya masih banyak lagi….

2
Terakhir, kalian tidak gaul jika tidak memiliki social media, apa nama social media kalian?
Itu kita pasti punya dong Like/ Follow Instagram : erupsy_official, Facebook Fanspage : erupsy, Twitter : erupsybali

01

Cadas secadas namanya, sukses untuk kalian.

 

Penulis : Gede Gandhi | Foto by doc. ERUPSY

 

About Balisoulmate