Home / Art & Culture / Galungan Pertama kali dilaksanakan.

Galungan Pertama kali dilaksanakan.

Bali indentik dengan upacara keagamaannya, mulai dari upacara sehari-hari hingga upacara yang berskala besar. Nah kali ini kita akan membahas satu upacara yang dirayakan oleh umat hindu yang perayaannya dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Galungan dan Kuningan.

Secara garis besarnya ari raya Galungan dimaknai dengan kemenangan Dharma [kebenaran] melawan Adharma[ketidakbenaran], hari raya yang jatuhnya setiap 210 hari tersebut menurut perhitungan kalender Bali jatuhnya pada Rabu wuku Dungulan. Sepuluh hari setelah Perayaan Galungan akan diikuti dengan rangkaian upacara lainnya seperti Soma Pemacekan Agung yang kemudian disusul dengan Hari Raya Kuningan.

foto by istimewa

Namun taukah anda kapan pertama kali dilaksanakannya Hari raya yang sangat identic dengan Penjor tersebut?

Berbagai sumber mengatakan, hari raya Galungan pertama kali dilaksanakan pada purnama kapat (Budha Kliwon Dungulan) di tahun 882 Masehi atau tahun saka 804 [Lontar Purana Bali Dwipa]. Lontar tersebut berbunyi “Punang aci Galungan ika ngawit, Bu, Ka, Dungulan sasih kacatur, tanggal 15, isaka 804. Bangun indria Buwana ikang Bali rajya.” Artinya: “Perayaan (upacara) Hari Raya Galungan itu pertama-tama adalah pada hari Rabu Kliwon, (Wuku) Dungulan sasih kapat tanggal 15, tahun 804 Saka. Keadaan Pulau Bali bagaikan Indra Loka.”

Untuk diketahui, perayaan Galungan dan Kuningan dilaksanakan dua kali dalam setahun yang dihitung berdasarkan kalender Bali. Galungan setiap hari Rabu pada wuku Dungulan. Sementara Kuningan setiap hari Sabtu pada wuku Kuningan.

Satuhal dari rangkaian Galungan yang tidak bisa dipisahkan adalah sehari sebelum Galungan atau yang sering disebut Penampahan Galungan dimana semua warga yang merayakan biasanya akan melakukan aktivitas ngelawar dan pada sore harinya akan memasang Penjor yang merupakan perlambang dari dari naga basukih, dimana Basukih berarti kesejahteraan dan kemakmuran.  Selain itu penjor juga merupakan simbul Gunung yang memberikan keselamatan dan kesejahteraan.[GAN]

About Balisoulmate