Home / Art & Culture / Gubernur Bali main Teater di PKB ke 39

Gubernur Bali main Teater di PKB ke 39

Ada hal yang menarik pada Pesta Kesenian Bali yang ke 39, yakni penampilan dari Teater Bumi yang dilangsungkan di Gedung Kesirarnawa (6/7) Denpasar.

Penonton yang sudah memadati ruangan sejak awal terlihat penasaran dengan bintang tamu yang akan dihadirkan dalam drama komedi tersebut. Tampaknya tidak ada yang menyangka jika bintang tamu yang dihadirkan dalam Teater yang berjudul ‘Kisah Cinta  Dll’ tersebut adalah Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Ya, untuk pertama kalinya Gubernur Bali Made Mangku Pastika ikut bermain teater. Pada penampilan tadi malam, Gubernur Pastika berperan sebagai dukun politik. Dalam penampilannya, Gubernur cukup atraktif dan tak jarang penonton dibuat tertawa.

Ditemui seusai acara, Pastika mengaku hanya melakukan latihan sekali saja pun tak ada persiapan khusus. “selepas dinas pada 2 Juli kemarin langsung latihan, ya ini sebagai selingan saja”. Ujarnya kepada awak media.

Dalam cerita yang berdurasi kurang lebih selama dua jam tersebut di sutradarai oleh Abu Bakar, dimana dalam  pagelaran tersebut bercerita tentang keributan rumah tangga pasangan Tuan Manto (diperankan karateka senior Maryoto Subekti) dan Nyonya Manto (diperankan Ni Wayan Indrawati). Permasalah muncul berawal dari sakitnya anjing kesayangan mereka yang bernama bernama Tony Asmara Subrata.

Dari pantau dilokasi, saat Gubernur Pastika diatas panggung, tampak tak sedikit pun terlihat gugup dan terlihat cukup lincah dalam memerankan perannya sebagai dukun politik. Jika dilihat dari naskah originalnya, sebenarnya peran dukun hanyalah ada satu tokoh, namun keberadaan Gubernur  Pastika disini hanya sebagai peran tambahan saja.

Sang sutradara menyebutkan, masukknya pak Gubernur dalam adegan tambahan tersebut ketika dirinya sempat ngobrol dengan Gubernur Pastika tentang berteater dan beliau mengiakannya sehingga akhirnya bliau diikutkan dan dibuatkan teks.

Abu Bakar mengaku sengaja memilih naskah tersebut, karena dinilai ringan dan komunikatif dengan penonton. Dia pun memuji kemampuan Gubernur Pastika dalam menghafal naskah. “Kemampuan mengingat beliau sangat luar biasa. Naskah ini sangat ringan, makanya saya pilih agar bisa komunikatif dengan audiens”. Ucapnya kepada awak media.[GAN]

 

About Balisoulmate