Home / News / Ini Rahasia Kuat Lari Jarak Jauh.

Ini Rahasia Kuat Lari Jarak Jauh.

Hidup sehat dengan berolahraga menjadi dambaan setiap orang , lari menjadi salah satu cara termudah dan paling sederhana dalam berolahraga. Perlombaan maraton banyak berlangsung di ibukota juga beberapa kota lainnya, di pulau bali juga pernah diadakan perlombaan yang serupa.

Dikutip dari kompas.com jika ingin tubuh sehat sebagai hasil akhirnya, perlu ada kiat dan persiapan/latihan tersendiri dalam melakukan lari jarak jauh. Dengan menjalankan pola latihan tepat, bukan hanya sehat, prestasi pun bisa didapat dari lari jarak jauh ini.

1. Latihan rutin 30 menit hingga dua jam.
Untuk bisa mendapatkan banyak manfaat lari, cukup latihan rutin 30 menit hingga maksimal dua jam. Namun, latihan ini tak bisa sembarangan, karena harus terprogram jika ingin mendapatkan manfaat maksimal.

2.  Lihat kondisi.
Program latihan lari juga bergantung kondisi, kebutuhan, kemampuan, serta tujuan si pelari.

3.  Lari, bukan jalan cepat
Jangan pernah mencampurkan latihan dengan jalan kaki, lari yang dicampur dengan jalan kaki menimbulkan sejumlah risiko. Utamanya melemahkan kekuatan otot. Padahal jika kekuatan otot meningkat, kecepatan lari pun bisa bertambah karena jantung dan paru-paru juga meningkat kekuatannya.

4. Kecepatan stabil

Lari harus dilakukan dengan kecepatan stabil agar kondisi tubuh tetap hangat. Suhu tubuh ini berpengaruh pada kecepatan lari.

5. Jangan percaya latihan instan.
Lakukan latihan yang terprogram dengan trainer, bukan yang instan lewat tutorial di internet.

6. Latihan bersama instruktur.
Latihan bersama instruktur bukan hanya bisa merancang program dengan melihat kemampuan tapi juga melihat sisi psikologis, kesehatan fisik, bahkan makanan.

7.  Latihan tepat cegah cedera.
Program latihan lari yang tepat bukan hanya membantu mencapai garis finish dengan catatan waktu yang baik, namun juga bisa mengurangi risiko cedera setelah lari.

About Balisoulmate