Home / News / Jepun Bali Tradisional Archery Community : Tradisi yang berjiwa nasionalis

Jepun Bali Tradisional Archery Community : Tradisi yang berjiwa nasionalis

Balisoulmate.com – Tradisi masing-masing pulau yang ada di Indonesia memang terbilang cukup kental dan memiliki ciri tersendiri, nah di pulau dewata sendiri sebuah tradisi memang sangat dijaga ketat dan dipertahankan ke ajegannya, dari sekian banyak tradisi yang ada di Bali, ada satu communitas yang menjaga keutuhan tradisi tersebut, tetap menjaganya dan meregenerasikannya ke anak muda Bali. Lalu pertanyaannya adalah komunitas apasih itu? wah wah semakin penasaran saja jadinya, yuk biar tidak semakin penasaran kita simak ceritnya langsung dengan perintis dari komunitas tersebut, A, A Anom Giri B. A,. S. Pd,. S. H,. S. Sn,. S.si. yang sekligus sebagai instruktur dari komunitas ini…..

EXP_0084
Salam sejahtera untuk kita semua, bagaimana sih cerita awalnya kok bisa terbentuk komunitas ini?
Jepun Bali Traditional Archery Community sendiri saya rintis sejak 22 februari 2015, atas seijin walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya M, SE, MSi dan bliau juga yang meresmikan komunitas ini,komunitas kita itu sebenarnya saat ini bernaung di bawah bendera Federasi Olahraga Rekreasi Dan Masyarakat Indonesia (FORMI). Jadi komunitas kita serupa tapi tak sama sebenarnya dengan Persatuan Panahan Indonesia / PERPANI hahaha, kenapa? Ya karena kita memang menonjolkan tradisi Bali. Sebut saja mulai dari busur dan anak panahnya saja memang hamper seluruhnya menggunakan bahan yang alami, dan dari pakaiannya punya kita menggunakan konsep tridatu, satu lagi pada saat kita melakukan panahan si pemanah itu dalam posisi duduk dan itu adalah hal wajib aturannya, nah ini tentunya cukup unik dan menarik…..

EXP_0583
Jadi apakah angota dari komunitas ini untuk umum atau ada batasan usianya?
Untuk usia kita tidak ada batasan sebenarnya, karena anak sekolah dasar pun ada yang ikut tergabung dalam komunitas kita, tentunya ada syarat khusus untuk anak dibawah umur…..
Lalu apakah anggota dari komunitas ini hanya dating untuk latihan dan sekedar jalankan hobby?
Terusterang saja, kita ini adalah komunitas yang legal dan diakui keberadaannya oleh pemerintahan, baik nasional maupun daerah bahkan anggota kita yang sudah lolos dalam seleksi akan langsung direkrut menjadi atlet panahan, dan ini sudah cukup banyak bukti yang ada…..
Dimana basecamp dari komunitas ini? Dan bagaimana cara bergabung dengan kalian?
Jadi kita biasa kumpul dan latihan di Taman Jepun, Jl. Hayam Wuruk No.104, Panjer, Denpasar Sel., Kota Denpasar, silahkan datang saja kesana kita latihan mulai jam 16.00 sore, tapi biasanya akan ramai berkumpul latihan pada weekend….

EXP_0615
Terus untuk targetnya sendiri berajak jarak maximalnya, dari posisi duduk ?
Sebenanarya untuk maksimalnya berapa sih tidak ada, namun maksimal target yang biasa dilombakan umumnya berjarak 30 meter dari tempat duduk, target kita punya dua yakni sasaran dan gondola jadi masing-masing memiliki sensasinya sendiri dan biasanya gondola itu untuk yang sudah mahir….

EXP_0575
Apakah komunitas ini sudah pernah mengadakan kejuaraan / kompetisi sendiri?
Kebetulan setiap ada kejuaraan kita selalu menjadi juara umum, dan untuk event kita selalu rutin mengadakannya antara Juni – Juli…..
Terakhir apasih nama media sosialnya komunitas kalian?
Facebook kita di Jepun Bali Tradisional Archery Community
Jadi bagaimana mate? Tertarik untuk menjadi seorang pemanah? [GAN]

About Balisoulmate