Home / News / Jun “Bintang”

Jun “Bintang”

Saat liputan Launching albumnya Evie, Team Soulmate ga sengaja ketemu Bli Dex Jun nieh (yang biasa dikenal Jun Bintang).. usut punya usut ternyata dia adalah Bapak produser buat album terbarunya Evie yang bertajuk “Swara Hati”..  Tapi Sobat Soulmate udah tau donk kalo Jun Bintang ini adalah pendiri sekaligus Vocalis Band Bintang yang sampai saat ini udah keluarin 7 Album (Mau persiapan album ke 8) .. penasaran sama musisi yang satu ini? Kita langsung todong wawancara aja kalo gitu..

Soulmate : Nama lengkapnya siapa Bli Jun?

Jun Bintang : I Made Juniarta

Asal n tanggal lahirnya boleh tau ga?

Saya asalnya dari Gianyar n lahir tanggal 28 Juni 1975.

Soulmate : Mulai suka bermusik sejak kapan niki ?

Jun Bintang :  Bermusik sejak SMP tapi untuk serius menekuni musik itu pas kuliah. Kebetulan ngumpul sama temen dan bikin band namanya vatamorgana. Saat itu kita main musik  regae. Trus tahun 2003 baru bikin Band Bintang dengan album pertama kita “Bajingan Eling” yang release  tahun 2004.

IMG_6733

Soulmate : Bagi Bli Jun, musik itu apa ya?

Jun Bintang : Menurut saya musik itu curahan hati dan emosi. Ya bisa dibilang “Ga bisa hidup tanpa musik”. Hehehe.. Musik itu segalanya gitu lah pointnya.

Soulmate : Boleh diceritain Bli Jun, awal karier bermusiknya gimana ceritanya?

Jun Bintang : Dari dulu awalnya emang  suka nulis dan bikin puisi trus lama – kelamaan akhirnya  berinisiatif buat bikin lagu. Saya mulai berbikir bahwa karya saya harus didenger sama banyak orang trus memutuskan untuk bikin beberapa  lagu dan ternyata disukai sama banyak orang. Akhirnya bikin lagu sendiri dari tahun 2003 sampai sekarang.

Soulmate : Musisi yang paling mempengaruhi seni bermusiknya bli Jun siapa kira – kira?

Jun Bintang : Kalo di luar negeri itu saya suka sama Guns N’ Roses, kalo di Indonesia saya suka sama Jamrud dan slank. Ya beberapa lagu ada sedikit kemiripan lah sama mereka tapi ga 100%. Dan di bali kita satu – satunya yang aliran Bali Rock Funky (Band Bintang) biar lebih nge” funk..

Soulmate : Kenapa bermusik dan bikin lagunya bahasa Bali?

Jun Bintang : Awal karier saya bersama Bintang memilih musik Bali karena saya berteman baik dengan Made Bawa (Lolot). Setelah dia release album dan dilihat perkembanganya bagus, akhirnya saya dan temen – temen  memberanikan diri mengeluarkan album Bajingan Eling dan ternyata sambutan masyarakat sangat bagus. Kebetulan personil Bintang juga punya skill yang bagus jadi ga terlalu susah buat bikin lagu yang easy listening. Saya emang lebih suka bikin lagu yang easy listening biar gampang dicerna dan diterima sama masyarakat Bali khususnya.

Soulmate : Ada keinginan buat Go nasional mungkn bli?

Jun Bintang : Keinginan untuk menggapai yang lebih tinggi pasti  ada ya, semua perlu proses. Kebetulan untuk saat ini hampir setiap tahun atau 2 tahun sekali Bintang pasti ada live konser di Jepang karena ada sponsor untuk berangkat kesana untuk menghibur saudara – saudara kita dari Bali yang kebetulan tinggal dan bekerja di Jepang. Dengan agu Bintang yang bahasa Bali, sedikit bahasa indonesia, bahasa Inggris, dan ada bahasa jepang nya juga.

Soulmate : Wah Keren tuh.. sambutan disana gimana Bli Jun? Critain dikit donk..

Jun Bintang : Antusiame penonton disana cukup bagus, jadi 5 bulan sebelum konser biasanya tiketnya udah habis terjual. Biasanya disana kita indoor dan hanya menjual 300 tiket. Harga tiketnya nya kalo dirupiahkan sekitar 300ribu rupiah dan itu sold out semua. Ya berkat teknologi youtube juga, mereka jadi tau lagu – lagu Bintang walaupun jauh disana.

Soulmate : Bli Jun nie kan sering bikin lagu nih.. biasanya inspirasinya itu dari mana?

Jun Bintang : Inspirasi biasanya dari kehidupan sehari – hari. Jadi biasanya tugasnya kita bagi – bagi sama personil bintang yang lain. Saya bagian yang bikin lagu trus  personil yang lain yang aransement. Tapi  kalo lagi stuk / belum ada inspirasi bisa setahun ga da lagu.. hahaha..

Soulmate : Kalo ada penyanyi lain yang mau dibuatin lagu sama bli Jun Bintang bisa?

Jun Bintang : Untuk bikinin lagu ke orang biasanya saya agak selektif. Ga sembarangan kasi lagu ke orang walaupun dibayar mahal. Mungkin sejak 5 tahun terakhir ini saya cuma buat 3 lagu untuk penyanyi lain. Ada dex ulik, Evie, dan Dian AFI.

Soulmate : Saat ini kesibukan Bli Jun apa nie diluar bermusik?

Jun Bintang : kesehariannya saya punya event organizer untuk Japan wedding, ekspor n import kecil – kecilan juga di rumah.

Soulmate : Ada cita – cita yang belum kesampean ga di bidang musik ?

Jun Bintang : Cita – cita di bidang musik yang belum kesampean itu bikin album kompilasi semua band Bali dalam satu album . Kalo sama vokalis se Bali kebetulan udah terealisasi di album  The Best Bintang. Disana ada Boby SID, Nanoe Biroe, Jony Agung, Lolot, Ocha , ayu Laksmi, dan lain – lain. Trus sekarang maunya menyatukan semua band Bali buat bikin satu album kompilasi dengan lagu baru mereka masing – masing dan nunjukin kalo kita semua bersatu untuk melesatarikan bahasa dan budaya Bali melalui bermusik.

Soulmate : Kalo seniman / musisi yang paling menginspirasi buat bli Jun siapa?

Jun Bintang : Inspirasi musik mungkin dari Vocalis Axl Roses Vocalis Guns N’ Roses yang udah bubar. Dia itu inspirasi saya karena waktu diatas panggung dia bisa bernyanyi, berlari dan ngomongnya bagus  diatas panggung. Dia front man yang hebat. Kalo seniman, saya suka Chairil Anwar karena saya suka karyanya dan sering bawain puisi waktu SMP.

Nah itu dia sekilas wawancara team Soulmate sama Bli Dex jun. Nah terakhir deh, kasi quote yang keren donk Bli Jun buat Sobat Soulmate yang punya hoby bermusik juga..

“ Ya point nya terus berkarya. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain, jadi diri sendiri dan orang – orang pasti akan resfect. Yang terpenting kita harus punya ciri khas sendiri n beda biar bisa tetep eksis di dunia musik ini, kalo ga paling bikin band bentar aja udah bubar.. (gun)

About Balisoulmate