Home / News / KAKAK ASUH BALI GERAKAN NYATA PEDULI PENDIDIKAN ANAK BALI

KAKAK ASUH BALI GERAKAN NYATA PEDULI PENDIDIKAN ANAK BALI

Setiap tahunnya hampir 1000 orang anak Bali putus sekolah, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti rendahnya pendidikan orang tua, kondisi ekonomi keluarga, dan tak terkecuali kendala letak geografis yang menyebabkan jarak ke sekolah terlampau jauh. Bedasarkan hal itulah dirasa perlu tindakan nyata untuk memecahkan permasalahn tersebut dengan membentuk gerakan kecil, sebuah langkah sederhana yang diberi nama Kakak Asuh Bali.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2016 Kakak Asuh Bali secara resmi dilaunching di Danes Art Veranda. Kakak Asuh Bali merupakan sebuah gerakan kecil yang dibuat sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan anak-anak di Bali.

Gerakan ini adalah gerakan public sebagai langkah nyata membantu uang saku anak-anak SD dan SMP yang layak dibantu. Pemerintah sudah mencanangkan program pendidikan 12 tahun dengan fasilitas gedung yang sudah memadai. Namun, terlepas dari itu berdasarkan survei yang dilakukan, salah satu alasan yang menyebabkan angka putus sekolah meningkat dikarenakan ketidakmampuan orang tua untuk memberi bekal sekolah. Bekal sekolah sejatinya bentuk semangat yang jarang mereka peroleh. Berdasarkan hal itulah gerakan ini dimunculkan dan menggandeng masyarakat umum untuk bersama-sama menyukseskan.

Mekanismenya sederhana, 1 kakak asuh cukup mengeluarkan donasi sejumlah 20.000,-/bulannya. Adik asuh akan diasuh oleh 1 kelompok kakak asuh yang terdiri atas 5 orang. Berdasarkan survei rata-rata bekal sekolah anak SD yaitu 3000,-/hari d SMP 5000,-/hari. Jika ingin mengasuh 1 adik asuh sendiri / berdua sangat diperkenankan dengan catatan mendonasikan total sejumlah 100/bln.
Uang dapat dinonasikan langsung kepada anak asuh terkait setiap bulannya, setiap 2 bln/3bln atau sesuai dengan kesepakatan. Besar harapan gerakan ini mampu menjadi gerakan yang berkelanjutan, karena sejatinya gerakan kecil yang dilakukan bersama-sama dan sifatnya berkelanjutan akan memberikan dampak positif, terutama dalam hal ini adalah meminimalisir angka putus sekolah di Bali.

Program ini meminimalisasi uang / donasi sampai di tangan pengurus dengan cara penyerahan donasi diupayakan secara langsung sebagai wujud transparansi. Donasi hanya dapat ditransfer untuk kakak asuh yang ada di luar Bali ataupun ketika kakak asuh sedang berhalangan atau setelah adanya kesepakatan diawal program.

Kami menekankan bahwa berbagi itu tidak selalu materi, bekal yang diberikan kakak asuh adalah motivasi untuk mereka. Berbagi cerita, berbagi tawa, berbagi pengalaman juga berbagi jadi itu bisa dilakukan siapa saja. Menyisihkan bekal untuk mereka kami kira hanya media untuk kami dekat dengan mereka sekaligus menambah semangat mereka untuk bersekolah. Semoga kedepan anak-anak muda Bali mampu bersinergi dan berbuat sesuatu, dimulai dari hal-hal yang kecil.

Nah Mate, buat kamu yang tertarik dan ingin gabung di Gerakan Kakak Asuh Bali, boleh deh kontak di Ig mereka @kakakasuhbali dan jadilah bagian dari pembangunan generasi bangsa yang lebih baik. Kalau bukan kita, siapa lagi??

About Media Soulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*