Home / News / Kalian punya kamera Analog yang masih berfungsi? Perhatikan cara perawatannya

Kalian punya kamera Analog yang masih berfungsi? Perhatikan cara perawatannya

Balisoulmate.com – kendati jaman sekarang kamera analog sudah ditinggalkan, namun beberapa kalangan masih menyimpannya dengan rapi, bahkan di Bali sendiri ada komunitasnya. Banyak hal yang bisa di pelajari dari kamera yang satu ini, salah satunya adalah belajar melatih insting kita. Namun kali ini team Balisoulmate.com akan membahas cara perawatan kamerajadul ini, nah bagaimana sih caranya?

Body Kamera

P1080538

Hal yang pertama kali kalian perhatikan adalah Body Kameranya. Rata – rata kamera analog memiliki body yang berbahan kulit atau besi aluminium. Pertama kalian perlu siapkan adalah Kain lembut, Blower dan cairan pembersih khusus. bersihkan debu disudut-sudut kamera menggunakan blower lalu di lap menggunakan kain keseluruh body apabila ada noda-noda yang sulit dibersihkan gunakan cairan pembersih khusus dengan menyemprotkan terlebih dahulu ke kain baru ke body kamera.

Lensa

13398037671978755190
Perhatikan lensa kamera kalian, karena lensa ibarat mata dari kamera itu sendiri. Rutin membersihkan adalah cara sederhana untuk mempertahankan keawetannya. Bersihkan debu menggunakan blower lalu lap lensa dengan menggunakan Tissue lensa . (jangan menggunakan kain biasa, tissue biasa karena akan menggores permukaan lensa). apabila dibutuhkan agan pun bisa menggunakan Lens Cleaner agar lebih bersih namun yang saya sarankan cukup blower dan tissue lensa saja.

Penyimpanan Kamera

unduhan

Untuk penyimpanan hamper sama seperti kamera digital, simpanlah menggunakan Dry Box agar kelembaban dapat diatur secara otomatis, atau bisa juga dengan box plastic yang didalamnya berisi silica gel.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Gede | Sumber : berbagai Sumber | Foto : istimewa

About Balisoulmate