Home / News / Komunitas Bumi Setara “setarakan antara Bumi dan Manusia”

Komunitas Bumi Setara “setarakan antara Bumi dan Manusia”

Jadi ketika kita membicarakan soal kemanusiaan tidak saja ketika sebuah Negara atau wilayah tertentu yang terkena bencana baru terketuk hati kita untuk “berdonasi” padahal banyak disekitar kita yang perlu uluran tangan kita, banyak alasan yang bisa kita temukan kenapa kita mesti berdonasi, lalu pertanyaannya adalah kemana kita berdonasi dan untuk siapa? selain kepanti asuhan atau tempat sejenisnya, nah salah satu komunitas terbentuk sebagai jembatan antara “pendonasi” dan yang memerlukan donasi, siapa mereka? Yuk kita berkenalan dengan komunitas ini….

Halo bagaimana kabar?

Kabar baik nih Mate, Kalau Soulmate, gimana?

IMG-20170117-WA0013

Bagaimana sih sejarahnya Bumi Setara ini bisa terbentuk?

Bumi Setara cikal bakalnya di awal tahun 2016. Ari, salah satu anggota mendapat tantangan untuk membuat program beasiswa yang ditujukan khusus untuk difabel. Saat diceritakan pada kami, kami juga berpikir hal yang sama. Kenapa tidak?

Kapan kalian terbentuk?

Kalau secara resmi, kami berdiri pada 11 Mei 2016, pendiri sekaligus anggotanya adalah Ketut Ari Kesuma Dewi, Siska Desiyanti, Vivi Nuril Maulana dan saya sendiri, Ni Putu Candra Dewi.

IMG-20170117-WA0014

Apa alasan mendasar hingga komunitas ini terbentuk?

Alasannya karena pendidikan itu penting, apalagi pendidikan dasar untuk anak-anak. Nah, tidak terkecuali pendidikan buat adik-adik kita yang spesial. Tapi anehnya, kita sering lupa sama hal itu. Jadi dasarnya karena bumi manusia ini belum setara.

Apa yang membedakan komunitas ini dengan komunitas serupa? Akademi Berbagi (Akber) Bali, mengingat salah satu dari kalian merupakan member dari komunitas Akber?

semangatnya sama-sama pendidikan, berbagi dan kesukarelawanan tapi spesifiknya di Bumi Setara berfokus ke dunia difabel dan pendidikan formal. Kalau kesamaannya, semua pasti baik kok dan ingin berkontribusi lewat panggilan hatinya masing-masing. Eh, cie?IMG-20170117-WA0015

Kenapa memilih nama Bumi Setara?

Nama adalah doa, Mate. Bumi merujuk pada tempat, tempat kita tinggal saat ini dan bisa juga mulai dari lingkungan yang terkecil. Kalau setara itu merujuk pada kesamaan kesempatan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siapa saja. Ini selengkapnya ada di pos-pos awal Instagram kami lho. Mau tahu gak? Tanyain dong usernamenya.

Bagaimana cara bergabung di komunitas ini?

Lebih tepatnya bergabung sebagai donatur, karena kami sepakat Bumi Setara adalah proyek atau pekerjaan sosial dan belum menuju arah sebagai komunitas seutuhnya. Bumi Setara mengenal dua macam Donatur, yaitu Donatur Tetap atau disebut juga Kakak BuSet dan Donatur Lepas, tanpa ikatan jangka waktu dan jumlah sumbangannya juga dibebaskan bahkan boleh juga kalau mau menyumbang selain dana asal masih berkaitan dengan pendidikan adik-adik di Bumi Setara. Kami juga terbuka untuk yang ingin mendonasikan keahliannya.

IMG-20170117-WA0018

Untuk menjadi Kakak BuSet kita harus menyatakan kesanggupan dulu di awal akan  menyumbang setidaknya seratus ribu setiap bulan sebelum tanggal 10. Pilihan jangka waktunya ada yang enam bulan dan ada juga yang dua belas bulan. Di tahun pertama dengan sejumlah Kakak BuSet yang ada dan bergotong royong, Bumi Setara mempunyai lima orang adik-adik penerima beasiswa.

Lalu bagaimana cara kerja dari Bumi Setara ini?

Cara kerjanya dibuat sesederhana mungkin. Di awal ada bagian Relationship yang bisa dihubungi untuk informasi seputar Bumi Setara maupun berdonasi, bagian ini juga yang akan mengingatkan Kakak BuSet setiap awal bulan. Ada bagian keuangan yang akan menyajikan laporan keuangan secara berkala dan bagian administrasi yang mengolah data Bumi Setara. Laporan terbaru Bumi Setara juga bisa diakses publik lho, di bit.ly/keuanganbuset dan bit.ly/aktivitasbuset.     

IMG-20170117-WA0017

Dimana basecamp kalian?

Basecamp kami ada di aplikasi perpesanan, dari rumah ke rumah anggota atau dari kafe ke kafe. Hehehe…..

Apa nama Medsos kalian?

Akhirnya ditanyain, makasih ya Mate, Soulmate banget deh…………. Jadi teman-teman bisa kepoin Bumi Setara di akun Instagram dan Twitter @bumisetara_id, di halaman Facebook Bumi Setara atau bisa juga lewat official line @gfz5262u.

Planning kedepannya dari komunitas ini apa saja?

Rencana berikutnya menambah donatur, menambah Kakak BuSet, menyebarkan kabar tentang Bumi Setara dan akhirnya menambah penerima beasiswa. Tapi setelah sebelumnya memastikan juga dampak sosial yang diterima oleh adik-adik penerima beasiswa yang sekarang, baru kami menambah penerima beasiswa.

IMG-20170117-WA0019

Kemudian apakah Bumi Setara ini melingkupi Bali saja atau melingkupi Indonesia?

Dimulai dari Bali, artinya tidak menutup kemungkinan berkembang ke daerah lain bahkan se Indonesia Raya, Amin…..

So kalian tidak bingung lagikan untuk berdonasi kemana? Daripada uang jajan terbuang percuma kehal yang enggak-enggak mendi mulai sekarang kalian belajar untuk menyalurkan keuangan untuk hal-hal positive, misalnya ikut sebagi kakak BuSet. [GAN] 

About Balisoulmate