Home / News / komunitas Keroncong Bali, anak muda harus tahu music keroncong.

komunitas Keroncong Bali, anak muda harus tahu music keroncong.

Bagi kamu mate, yang lahiran diera milenial pastinya tidak semua mengetahui tentang music keroncong, bahkan tema Soulmate Magz sempat keliling bertanya ke anak muda massa kini tentang music yang khas dengan alunan gitar ukulelenya ini, hasilnya cukup mengejutkan hanya 20% saja yang benar-benar tau tentang music keroncong bahkan salah satu anggota band ada yang tidak mengetahui tentang music keroncong, terdengar mustahil tapi itulah yang tema Soulmate magz temui dilapangan, nah agar kita mengetahui secara garis besar tentang music keroncong, yuk kita cari tau bareng Komunitas Keroncong Bali……..

Haloo bagaimana kabar ?

Hallo juga, cukup baik hari ini, Mate bagaimana kabar? Semoga baik selalu ya..

Bagaimana awal mulanya komunitas ini bisa terbentuk?

Komunitas ini dibentuk sejak tahun 2002 silam, komunitas Keroncong Bali saat ini telah beranggotakan lebih dari tiga ratus orang. Usia para anggotanya pun tidak hanya dari kalangan orang tua saja, komunitas kita juga ada dari golongan muda. Untuk ketuanya saat ini dipimpin oleh Jaka Rustiawan.

Selain untuk memperkenalkan music keroncong dan hobby, apa sih tujuan kalian membentuk komunitas ini?

Komunitas ini dibentuk atas dasar kepedulian kita untuk tetap melestarikan jenis musik yang termasuk dalam warisan budaya asli Indonesia ini. Di samping itu, keberadaan komunitas Kroncong Bali ini juga menjadi wadah bagi para pencinta musik kroncong untuk tetap berkarya dan musik kroncong tetap bisa dinikmati di pulau Bali. Komunitas ini juga ada untuk memperkenalkan kepada anak muda Bali khususnya jika music keroncong itu patut dijadikan reference dalam bermusik mereka…

Bagaimana sih cara kalian untuk menarik minat kaum muda untuk ikut gabung dengan komunitas kalin ini?

komunitas Kroncong Bali, selalu berusaha menularkan pengetahuan tentang keroncong kepada para kaum muda. Memberikan ruang selebar mungkin kepada kaum muda untuk belajar adalah salah satu cara yang dilakukan agar keroncong tetap bisa hidup di tengah para generasi muda, meski tidak mudah bagi kita untuk melakukan itu. Tapi kami selalu berusaha menularkannya kepada kaum muda, misyalnya dengan cara memberikan latihan gratis tentang musik keroncong ini kepada anak-anak muda yang mau belajar….

Dengan jumlah anggota kalian yang mencapai ratusan itu, pencapaian apa yang belum bisa diwujudkan hingga kini?

Pencapaian saat ini, Komunitas Keroncong Bali merasa masih belum medapatkan ruang yang lebih leluasa untuk mengekspresikan musik keroncong itu sendiri. Kita juga berharap agar, para pencinta ataupun para pelaku musik keroncong diberi ruang yang cukup untuk membuktikan jika musik keroncong masih bisa tetap hidup di tengah gempuran genre musik modern seperti sekarang ini….

Kegiatan kalian apa saja? Maksudnya mungkin kalian punya event bulanan?

Kegiatan kita saat ini regular setiap Rabu malam di Warung Pak Radent Jl. Merpati Denpasar, selebihnya kita main di beberapa event pun saat ini kita juga sedang mencoba membuat sebuah karya, ya minta semangat dan doa restunya saja.

Apa nama mediasosial kalian?

Silahkan berkunjung ke website kami ya www.keroncongbali.com disana sudah ada infomasi lengkap tentang komuntias kami….

Pastinya untuk kalian penggemar music harus mengetahui setidaknya tentang music keroncong. Pertanyaan adalah apakah kalian tau mate, siapa yang mempopulerkan lagu Bengawan Solo dan siapa pencipta lagu tersebut? [GAN]

About Balisoulmate