Home / News / Lari Jogging Atau Sprint ?

Lari Jogging Atau Sprint ?

balisoulmate.com –Bila sobat soulmate ingin mencari alternatif olahraga yang murah dan singkat, Sprint atau lari cepat selama beberapa menit dadalah solusinya. DIkutip dari okezone.com sebuah penelitian menemukan bahwa berlari intens selama kurang dari lima menit memiliki manfaat yang sama bagi jantung dan metabolisme seperti saat kita berlari biasa 45 menit secara teratur. Ini juga dapat mengurangi lemak di pinggang, positif bagi psikologis, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Tak hanya itu, kelebihan dari mempraktikkan rutinitas olahraga intensitas tinggi, menurut peneliti, adalah akan lebih lama dilakukan. Hal ini karena sesi olahraga intensitas tinggi membutuhkan separuh waktu dari olahraga intensitas sedang yang umumnya dipilih orang.

”Sekira 50 persen orang dewasa berhenti dari program latihan konvensional mereka dalam enam bulan pertama. Mayoritas penduduk di seluruh dunia gagal mencapai waktu yang direkomendasikan, yaitu 150 menit atau lebih per minggu, untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang karena kurangnya waktu,” kata Profesor Cecilie Thogersen-Ntoumani, dari Curtis University.

Studi ini meneliti 90 orang sehat berusia 18 hingga 60 tahun yang tidak aktif secara fisik. Secara acak, mereka dibagi menjadi kelompok-kelompok olahraga intensitas sedang dan intensitas tinggi selama 10 minggu. Peserta mengenakan monitor pribadi untuk memastikan ketika mereka berlari denyut jantung mereka tetap pada angka 90 persen dari batas denyut jantung sesuai kelompok usia mereka sepanjang waktu tes.

Baik kelompok intensitas sedang dan intensitas tinggi menunjukkan perbaikan serupa, termasuk peningkatan sembilan persen pada jumlah oksigen yang mampu dimanfaatkan tubuh, yang berhubungan dengan penurunan risiko kematian dini dari semua penyebab. Mereka juga mengalami penurunan lemak non-larut dalam aliran darah, yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Peneliti pun menyarankan agar orang dari segala usia dan tingkat kebugaran mengikuti rencana latihan intensitas tinggi dalam waktu singkat tersebut, yang dapat memberi manfaat kebugaran yang nyata dalam waktu yang lebih singkat.

About Balisoulmate