Home / News / Masihkah ada Semangat Sumpah Pemuda?

Masihkah ada Semangat Sumpah Pemuda?

Hari ini tanggal 28 oktober bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda mate, masihkah ada semangat itu di jiwamu mate?. Tak bisa dipungkiri bahwa para pemuda indonesia kala masa penjajahan, trut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan. Dalam upaya mempersatu wadah organisasi pemuda dalam satu wadah, diawali mulai Kongres Pemuda Kesatu pada tahun 1926. Tanggal 20 Bulan februari 1927 sudah diadakan pertemuan, namun pertemuan ini belum mencapai hasil yang babak final.

sumpah-pemuda2

Lalu pada bulan mei tahun 1928 diadakan pertemuan lagi, dan juga dilanjutkan pada tanggal 12 Bulan agustus 1928. Di pertemuan terakhir ini dihadiri seluruh organisasi pemuda dan juga diputuskan untuk mengadakan Kongres kepada bulan oktober 1928, dengan susunan panitia dengan tiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda.

ISI SUMPAH PEMUDA

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Hingga kini  sumpah pemuda tetap menjadi landasan penyemangat bagi generasi muda untuk membangun indonesia ke arah yang leih baik. Jika pada masa penjajahan perjuang dilakukan dengan melawan penjajah, kini kita bisa tetap memegang teguh sumpah pemuda dengan karya dan inovasi yang membangun negeri. (276)

About Balisoulmate