Home / News / Mata tetap sehat meski sering menatap layar computer, Bagaimana caranya?
foto by istimewa
foto by istimewa

Mata tetap sehat meski sering menatap layar computer, Bagaimana caranya?

Balisoulmate.com – Bertatapan dengan computer merupakan sebuah fenomena yang sering kita jumpai, terlebih untuk kalian yang notabene bekerja dikantoran yang mengharuskan berada didepan ayar computer hamper separuh hari anda. Lalu bagaimana sih cara mengatasi hal tersebut? Tentunya agar kesehatan mata tetap terjaga? Nah berkut tips derhana yang berhasil dirangkum  :

foto by istimewa

foto by istimewa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jangan terlalu dekat denga layar monitor pada computer anda, karena jika terlalu dekat mata akan berakomodasi. Akomodasi pada mata yang terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan mata menjadi cepat lelah.

Coba terapkan aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap obyek dekat dan diselingi 20 detik beristirahat melihat obyek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter. Tidak perlu meninggalkan tempat duduk atau layar monitor, hanya memalingkan pandangan sejenak untuk mengistirahatkan mata dan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.

foto by istimewa

foto by istimewa

Aturlah Pencahayaan ruanganan sedemikian rupa agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari layar laptop/komputer/gadget. Ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

Senam mata cocok dilakukan pada penderita insufisiensi akomodasi, yaitu pada penderita yang memiliki kelainan akomodasi. Senam mata yang dilakukan dengan menggerak-gerakkan bola mata ini sebenarnya masih bersifat kontroversial.

Pemijatan pada daerah di sekitar mata juga dapat dilakukan untuk mengurangi mata lelah. Dengan memijat di daerah sekitar mata, aliran darah di sekitar mata akan menjadi lancar dan mata menjadi segar kembali.

Penulis : Gede Gandhi, Sumber : kompas, Foto : istimewa.

About Balisoulmate