Home / News / Mau belanja online? Ketahui tipsnya

Mau belanja online? Ketahui tipsnya

Seiring perkembangan jaman dan perkembangan teknologi saat ini berbelanja tidak lagi mengharuskan pembeli datang ke pusat perbelanjaan, dengan kemajuan teknologi bukan hal mustahil jika berbelanja bisa dilakukan hanya melalui sebuah perangkat yang bernama handphone atau dekstop.

Bahkan berbelanja pun tidak hanya dilakukan pada satu wilayah tertentu saja, melainkan hingga ke pelosok dunia pun kita bisa berbelanja, nah hal demikian ini dinamakan system belanja online. Lalu seringkali dari kita agak ragu untuk berbelanja online mengingat begitu banyak kejadian negative yang ditemui, semisal barang tidak sesuai harapan atau barang sudah dibayarkan namun barang tak kunjung datang.

Nah bagaimana sih Tips Berbelanja Online? Berikut adalah tips belanja online dari www.boc.co.id.

  1. Riset website
    Pastikan website penjual mempunyai identitas yang jelas meliputi alamat fisik, nomor telpon, email dan fasilitas bicara langsung (chatting). Cek juga akun media sosialnya dan pastikan ada informasi yang selalu update. Jika update status nya kadaluwarsa, ini patut dicurigai. Jika mempunyai bukti surat badan usaha semisal SIUP, TDP dan NPWP adalah lebih meyakinkan.
  2. Cek identitas pemilik website
    Ketikkan nama domain name dalam kolom di www.who.is dan akan ketahuan identitas pemilik domain nya. Identitas ini bisa disembunyikan dengan nama dan alamat palsu. Jika disana tertera alamat dan nama serba kebarat-baratan (ada kata protection nya), dipastikan itu identitas tersembunyi dan berbahaya. Penjual yang baik selalu terbuka atas identitasnya.
  3. Kontak dan tanya produk
    Kontak penjual melalui SMS/WA/BBM, nomor telepon rumah (kalau ada), yahoo messenger, email dan alamat kantor (jika ada). Isi komunikasi dengan tanya teknis produk karena sebagai penjual harusnya memahami seluk beluk produk yang dijual. Rasakan respon komunikasinya. Jika waktu respon nya lama, ini patut dicurigai dan waspada.
  4. Testimonial
    Periksa melalui mesin pencari Google tentang penjual tersebut. Biasanya menggunakan kata kunci review (website penjual) akan muncul website atau forum bahas si penjual. Biasanya juga si penjual mempunyai bukti-bukti percakapan (testimonial) dengan pembeli. Jika hal tersebut tidak ada maka waspadalah. Hati-hati juga menemukan penjual yang berada di forum-forum. Pastikan mereka mempunyai testimonial yang valid dan banyak.
  5. Jangan tergiur harga murah
    Ada beberapa jenis produk yang punya harga miring dan itu tidak wajar. Biasanya produk elektronika. Jika menemui separo harga atau lebih dari harga pasaran, harap waspada. Jika jenis produk fashion seperti baju, sepatu dan asesoris, ada kalanya wajar jika harganya miring karena berkaitan dengan kualitas nya. Bisa jadi fashion kualitas kw 1, 2 dst.
  6. Rekening pembayaran
    Jika dalam bisnis online menggunakan rekening pribadi, ini patut diwaspadai. Namun jika penjual mempunyai bukti badan usaha (SIUP, TDP, Akta) tapi masih menggunakan rekening pribadi, pastikan nama rekening adalah sama dengan identitas pemilik badan usaha tersebut. Jika penjual menggunakan rekening badan usaha (rekening atas nama CV, UD, PT), ini lebih meyakinkan lagi. Untuk kasus marketplace semisal Tokopedia, Bukalapak, dll biasanya menggunakan rekening atas nama mereka. Atau lebih dikenal dengan rekening bersama. Ini sudah meyakinkan.
  7. Tanyakan ke forum
    Jika cara diatas kurang meyakinkan Anda, silakan menggunakan forum semisal kaskus untuk bertanya tentang reputasi penjual. Biasanya akan ada komentar untuk meyakinkan Anda. Pembeli yang puas biasanya akan ringan tangan untuk beri testimonial positif.
  8. Simpan bukti transaksi
    Bukti transaksi ini meliputi bukti percakapan (chat dan email) dan bukti pembayaran. Pastikan Anda menyimpannya sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan atas transaksi tersebut.

Pewarta : Gede Gandhi

Foto : istimewa

 

About Balisoulmate