Home / News / Mau Jadi freelancer? Ini tipsnya dari PrimNews

Mau Jadi freelancer? Ini tipsnya dari PrimNews

Emmmmm baru tamat menyelesaikan pendidikan tapi bingung mau kerja apa? atau mau mencoba suasana baru dan kebebasan dalam bekerja? Mungkin freelancer salahsatu jawaban yang tepat untuk itu. Nah untuk kalian yang mau mencoba menginjak dunia freelancer coba deh caritau disini bersama teman-teman dari PrimeNews dan tipsnya juga harus tau biar tidak salah langkah nantinya….

20160628085047705

Kenali Passion Diri Sendiri.
Tentukan minat, bakat dan kemampuan anda. Artinya bidang apakah yang anda cukup kuasai? Mungkin saja anda menpunyai keahlian dibidang Programing, data entry, menulis, desain web, Multimedia atau lain sebagainya. Tapi jika anda tidak mempunyai keahlian dalam bidang tersebut anda tak perlu berkecil hati. Silahkan anda tentukan bidang apa yang sekiranya anda minati lalu dalamilah bidang tersebut, yang penting adalah anda mempunyai kemauan yang keras untuk belajar.

Melakukan Riset Pasar
Setelah mengenali keahlian sendiri anda harus melakukan riset atau penilaian terhadap keahlian diri. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah keahlian tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan di dunia online atau tidak. Selain itu dengan melakukan riset nantinya anda juga dapat mempersiapkan diri tentang apa saja yang dibutuhkan dalam menjalani profesi sebagai freelancer.

freelance-pekerja-tetap

Update Resume
Daftarkan diri anda pada situs freelancer di dunia internet. Dalam mendaftar sebaiknya anda memilih situs yang terkenal. Setelah anda mendaftar anda harus membuat profil yang melibatkan informasi diri anda (resume). Updatelah resume tersebut dan jika anda mempunyai karya – karya terbaik tentang keahlian anda maka simpanlah dalam sebuah portofolio. Hal tersebut akan menjadi nilai lebih bagi para employer untuk merekrut anda. Dan apabila anda tidak mempunyai karya terbaik anda dapat mengikuti berbagai jenis test bidang keahlian di berbagai situs freelance.

freelanc33.320552929

Promosi Dengan Cara Membangun Relasi
Membangun relasi dengan para klien merupakan hal yang sulit namun salah satu landasan utama dalam hal mempromosikan keahlian anda. Anda bisa mulai mempromosikan keahlian anda baik offline maupun online. Offline anda dapat menyampaikan kepada semua orang, walaupun orang tersebut mungkin tidak ada hubungannya dengan bidang keahlian yang anda geluti. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa teman atau saudara orang tersebut yag membutuhkan jasa anda. Sedangkan melalui online anda dapat mempromosikannya melalui media social.

Penulis : Prime News | Foto : istimewa | Editor : Soulmate Magz

About Balisoulmate