Home / Hoby / MULAILAH DENGAN MEMETIK

MULAILAH DENGAN MEMETIK

Dipetik bukan buah, digendong bukan bayi. Sebutan ini cocok kali ya buat definisiin alat musik yang satu ini. Namanya gitar, bentuk bodinya mirip angka delapan dan ada tangkai yang isi senar untuk dipetik. Sobat soulmate pasti tahu bentuk dan bunyinya kan? Atau ada yang sudah mahir memainkannya? Oke, sebelum mengenal si gitar lebih dalam, baiknya disimak dulu sejarah alat musik ini.

Gitar, adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Dulunya, alat musik ini berbentuk kecil dan memiliki empat dawai yang berpasangan, dan engga seperti zaman sekarang, pada zaman Renaissance, gitar tidak begitu populer di masyarakat. Mulai terkenalnya gitar terjadi saat seorang komposer gitar bernama Alonso Mudarra memainkannya sambil memperkenalkan karya-karyanya. Abad 17, dawainya ditambah menjadi lima yang masing-masing dawainya berpasangan, ini memungkinkan para pemain memainkan gitar secara kompleks dan luas. Selanjutnya,  akhir abad 17, terjadilah dua perubahan pada perangkat gitar. Jika sebelumnya tiap dawai berpasangan (ganda), kini diganti dengan dawai tunggal, sebelumnyapun hanya terpakai lima dawai, berbeda dengan gitar zaman sekarang dengan enam dawai. Engga sampai disitu, tahun 1750 – 1775 seorang komposer terkenal, diantaranya Fernando Sor, Mauro Giuliani, Matteo Carcasi, D. Aguado dan Fernando Carulli serta Nicolo Paganini seorang pemain biola terkenal juga memainkan alat musik ini. Terkenallah akhirnya gitar di masyarakat luas, tapi pada akhir abad 19, pamor gitar jatuh, tidak banyak yang mengenalnya, setelah akhirnya dipopulerkan lagi oleh Francisco Tarrega, seorang komposer gitar klasik. Sepanjang sejarah itu, seseorang yang bernama Luthier Antonio Torres, mulai mengeksplorasi gitar dengan menambah ukurannya dan mencoba meningkatkan bunyinya agar lebih keras dan selaras. Pada 1946, dawai gitar yang dulunya terbuat dari gut (tali yang terbuat dari usus binatang) digantikan dengan dawai yang terbuat dari nylon (string nylon). Sejak saat itulah gitar berkembang jadi instrumen dunia. Wah ternyata panjang juga ya sejarah si gitar ini?

Brown-bass-gitar

Sekarang beralih ke jenis – jenis gitar. Secara general, gitar dibedakan jadi tiga. Ada yang namanya gitar klasik, gitar akustik, dan gitar elektrik. Semua jenis gitar ini punya kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan si pengguna. Kalau gitar klasik, body (hampir) berbentuk bulat dan menyerupai angka delapan, ada rongga udara di bodynya, dan senarnya terbuat dari nylon. Suara gitar ini lebih tebal, jadi cocok untuk main melodi musik klasik. Lanjutt…ada yang namanya gitar akustik, yang membedakan gitar ini dengan yang lainnya, gitar ini terbuat dari string (bukan nylon), leher gitar ini lebih ramping dan kecil serta fret yang lebih banyak yaitu 15 fret. Gitar jenis ini asyiknya dipakek buat mainin lagu-lagu sejenis pop modern. Terakhir, ada juga gitar elektrik, bodynya terbuat dari kayu solid dan tidak memiliki rongga udara, senar terbuat dari string,  jumlah fretnya 24, dan punya pick up untuk mengubah energi suara senar jadi energi listrik. Ini nih perbedaan mencolok antara gitar elektrik dengan gitar  sebelumnya. Gitar ini diperlukan kalau sobat soulmate pingin mainin lagu yang bergenre rock, blues, metal, jazz dan sebagainya.

Kurang lebih, kaya gitu sedikit sejarah dan jenis-jenis gitar. Kalau sobat soulmate mau mainin alat musik ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, misalnya, belajarlah dengan giat, memang ada orang-orang yang dengan cepat menguasai alat musik ini, tapi mereka juga perlu latihan yang keras dan giat biar makin mahir, dan itu membutuhkan waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun. Selanjutnya, buatlah jadwal latihan, tujuannya biar ada keteraturan dan engga lupa dengan apa yang udah dipelajarin, karena diperlukan latihan berulang-ulang untuk main alat musik jenis apapun. Jika sobat soulmate udah merasa bisa main gitar, bedakan antara latihan dan praktik memainkan gitar. Latihan itu bertujuan untuk menambah perbendaharaan kunci atau melodi yang belum dikuasi. Kalau praktik, tujuannya adalah mengingat terus hal-hal yang sudah dipelajari dalam memainkan alat musik ini, misalnya dengan memainkan sebuah lagu. Walau dibutuhkan seni, main gitar juga merupakan salah satu permainan fisik lho, jadi jangan dipaksain, apalagi kalau sampai sakit, lebih baik berhenti dulu. Dan yang paling penting, main gitar adalah aktivitas yang menyenangkan, jadi jangan dianggap rumit atau malah bikin tertekan, kalau sampai kaya gitu, coba diperiksa lagi jadwal latihan sobat soulmate.

Oke… segitu dulu informasi tentang alat musik yang satu ini, kalau mau info lain, akan dishare lagi nanti. See you… (day)

About Balisoulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*