Home / News / Pilih Facebook atau Path??

Pilih Facebook atau Path??

Sobat Soulmate ada banyak sekali situs jejaring sosial yang sudah mampir serta digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari Facebook, Twitter, Path, Tumblr dan masih banyak lainnya. Khususnya untuk Facebook dan Path, keduanya adalah jejaring sosial yang sama-sama memiliki pengguna besar, khususnya di Indonesia. Namun ada benang merah yang dapat ditarik dari keduanya yaitu Facebook lebih cenderung ‘terbuka,’ sedangkan Path lebih cenderung ‘tertutup.’

Dikatakan terbuka karena apa yang diunggah ke Facebook dapat diketahui oleh banyak orang apabila settingannya dibuat umum atau public, sedangkan Path dikatakan tertutup karena jejaring sosial satu ini hanya membatasi jumlah pertemanannya sehingga tidak banyak orang yang akan mengetahui apapun yang diunggah. Dave Morin, CEO sekaligus pendiri path, pernah mengatakan mengatakan bahwa memang bagi orang yang sebelumnya sering beraktivitas di Facebook kemudian beralih ke Path, akan ada rasa bosan karena yang disuguhkan oleh Path dan orang-orang yang mengunggah postingan juga terkesan monoton.

Akan tetapi, dari situlah kekuatan Path muncul. Dengan hanya meng-eksklusifkan batasan teman, maka ada rasa keterikatan yang lebih besar dibandingkan dengan Facebook yang memperbolehkan seseorang untuk berteman dengan siapa saja bahkan sampai hitungan ribu, padahal pada realitanya, orang tersebut tidak begitu mengenal siapa saja temannya di Facebook itu.

Apabila Facebook tampil dengan segala kemegahan (banyak aplikasi, fitur dan berbagai hal, termasuk pengguna yang sudah melebihi angka 1 miliar), Path sendiri tampil dengan segala kesederhanaan (mulai fitur sampai dengan fasilitas pertemanan yang dibatasi hanya 150 orang saja untuk setiap pengguna).

Memang keduanya juga dapat digunakan untuk berbagai segala hal seperti gambar, video, artikel atau informasi pribadi lainnya, namun salah satu keunggulan Path terletak pada integrasinya dengan situs jejaring sosial lain, Facebook salah satunya. Sedangkan website besutan Mark Zuckerberg ini lebih fokus pada situsnya saja. Apabila kamu  termasuk pengguna Facebook atau Path atau keduanya, menurut kamu sendiri, apa perbedaan keduanya dan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing?.

<sumber:merdeka.com>

About Balisoulmate