Home / Hoby / PLASTIC DETOX – BIJAK MENGGUNAKAN PLASTIK

PLASTIC DETOX – BIJAK MENGGUNAKAN PLASTIK

Bertempat di Tandjung Sari Hotel – Sanur, Komunitas Plastic Detox menyelenggarakan workshop yang bertemakan “Pencegahan Sampah di Bisnis Anda” menurut perwakilan dari Plastic Detox, Anna Sutanto ide dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan bagaimana membuat tempat usaha atau bisnis ikut berkontribusi dalam melakukan pencegahan sampah, terutamanya sampah plastik.

Plastic Detox sendiri merupakan komunitas yang mengajak berbagai jenis usaha yang ada di Bali untuk berkontribusi dalam mengurangi pemakaian sesuatu yang bisa menimbulkan sampah plastik. Sejak berdiri di tahun 2012 hingga saat ini Plastic Detox sudah beranggotakan sekitar 22 usaha yang rutin melakukan komunikasi atau workshop seperti di hari tersebut.

Anna Sutanto menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini merupakan sebagian dari aktivitas regular dari plastic detox, kami melakukan training untuk anggota tapi mulai tahun ini juga ada sesuatu yang baru karena kali ini workshop yang kami selenggarakan terbuka untuk umum. Dalam workshop ini anggota plastic detox tidak dipungut biaya tapi untuk diluar anggota berbayar hanya Rp 50.000 . jadi apabila ada ketertarikan untuk umum, workshop semacam ini bisa diadakan lebih regular tapi juga selain melatih dan memberikan pengetahuan, kami juga akan senang kalau pembisnis – bisnis bisa lebih banyak bergabung dengan komunitas plastic detox sehingga komitmennya terjaga.

Karena dengan bergabungnya menjadi komunitas plastic detox ini jadi ada yang menyemangati dan memantau komitmennya gimana. Jadi dijelaskan ketika bergabung menjadi anggota ini akan diajak untuk tidak menyediakan tas plastik secara gratis dan menyediakan alternative tidak menyediakan minuman dengan sedotan dan juga tidak memakai kemasan stereofom dalam bentuk apapun. Lalu kalau mereka sudah bisa melaksanakan ini, kami akan ajak mereka lagi untuk mencari solusi kira – kira apalagi yang bisa dikurangi.

Dalam kegiatan ini dilakukan diskusi dan solusi guna meminimalkan sampah lastik dalam kegiatan usaha serta pelatihan pembuatan tas dengan bahan kertas koran sehingga selain memimalisir sampah, tas koran juga merupakan bahan yang cukup ramah lingkungan. (gUN

About Media Soulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*