Home / News / RAREKUAL “Lestarikan Budaya Bali lewat Bondres”

RAREKUAL “Lestarikan Budaya Bali lewat Bondres”

balisoulmate.com – Pulau Bali memang gudangnya seniman, banyak seniman lahir dan membesarkan nama Pulau Bali dengan karya- karyanya. Generasi muda bali memang dituntut untuk selalu melestarikan seni dan budaya, jangan sampai generasi muda melupakan budaya asli bali. RAREKUAL TOPENG adalah salah satu kelompok kesenian bondres asal Buleleng, dengan personel I Made Artana ( Bojes ),  I Kadek Agus Ria Arnawan ( Slouly ) Made Sukantara Arpin ( Ayuk Sintya Bela ) Wah Indra Wijaya ( Ngurah Joni ).

Awal terbentuknya “RAREKUAL”  diprakarsai oleh Aristyana Gunawan saat pagelaran PKB ( Pesta Kesenian Bali ) 2008, dimana pada saat itu mereka menjadi juara 1 lomba bondres se-bali. Pada dasarnya semua personel “RAREKUAL” memang punya basic seni, sehingga saat tampil mereka terlihat sangat natural dan menghibur. “RAREKUAL” juga pernah tampil sampai jakarta dan surabaya untuk wilayah indonesia, mereka juga pernah diundang sampai ke korea dan jepang.

rarekual2 rarekual1

“RAREKUAL”  juga sering ikut berkampanye dalam pelestarian lingkungan, dan banyak memiliki pengalaman mengesankan saat tampil di panggung. Perjalanan mereka bukannya tanpa halangan, sempat  dibilang menjiplak dari pelawak senior, namun seiring berjalan waktu akhirnya mereka memiliki identitas melawaknya sendir. “RAREKUAL”  biasanya memaikan bondres inovative dan sesuai dimana tempat kita pentas, salut untuk para anak muda yang mau melestarikan budaya bali ke arah positif. Be Smart Be Active. (Gy/276)

About Balisoulmate