Home / Art & Culture / Sanggar Seni Prabha Budaya Denpasar hadirkan cerita “kambing ketakutin macan”

Sanggar Seni Prabha Budaya Denpasar hadirkan cerita “kambing ketakutin macan”

Balisoulmate.com – Pada gelar seni akhir pekan [GSAP] Bali Mandara Nawa Natya [27/11], Sanggar Seni Prabha Budaya Denpasar menyuguhkan cerita tantri dengan sub cerita “Kambing Ketakutin Macan” dengan konsep teater pakeliran.

DSC_0054

Acara yang berlangsung sejak pukul 20.00 wita itu cukup ramai dipadati penonton, bukan saja dari kalangan tua, namun anak muda pun ternyata lebih mendominasi acara yang berlangsung selama dua jam penuh, Sanggar Seni Prabha Budaya melibatkan sekitar 35 orang seniman.

DSC_0045

Salah satu penonton yang enggan menyebutkan namanya ketika di temui dilokasi acara mengatakan bahwa pagelaran ini cukup unik dan menghibur, dimana dari segi bahasa dan cerita tidak membuat jenuh dan bosan. “ya enggak percuma datang dari jauh kesini untuk menyaksikan acara pementasan ini, saya pikir akan membosankan tapi ternyata saya dan teman-teman bisa bertahan hingga acara selesai”.

DSC_0052

Disisi lain ketua dari sanggar Seni Prabha Budaya Denpasar Ngurah Supartama mengatakan saat ditemui seusai acara mengatakan. “jadi konsepnya adalah teater pakeliran yang masuk kedalam teater tradisi yang dikemas dan digabungkan dengan seni pakeliran atau pewayangan, namun dalam cerita ini centralnya adalah tantri yang mana mengutip cerita pada kambing ketakutin macan”.

DSC_0069

“Dan Pesan moral yang disampaikan pada pementasan Kambing ketakutin Macan ini sendiri adalah ketika diri kita merasa kuat, bahwa seyogyanya kekuatan itu tidak bisa menahan tinggi kehidupan ini kalau kita tidak memiliki akal sehat /kebijakan dalam kehidupan ini artinya itu yang akan mengalahkan semua kekuatan atau egoisme dalam diri sendiri”. Tutup Ngurah Suparta.[GAN]

About Balisoulmate