Home / Humor / Sengeng, “Menekuni Hobby dan Akhirnya jadi Profesi”

Sengeng, “Menekuni Hobby dan Akhirnya jadi Profesi”

Menekuni hobby dan akhirnya jadi profesi, Kenapa engga?? Walaupun prosesnya ga berlangsung singkat, tapi endingnya berbuah manis juga. Komedian / Pelawak Bali “Sengeng” mulai mencuri perhatian masyarakat Bali pada khususnya lewat lawakan khas ala Cowok kelahiran Gianyar, 14 Mei 1989 ini.

I Kadek Rudi Astawa (nama asli) ini memang sudah mempunyai minat terjun ke dunia seni pertunjukan Bali sejak dia masih SMP lewat Sekaa Barong Cilik yang ada di desa nya, hingga akhirnya Bertemu dengan pelawak pasangannya “Open” pada waktu SMA dan ngerasa Matching sampai kini.

Sengeng3 Sengeng2

Trus kenapa memilih nama Sengeng?
Nama Sengeng sendiri sebenarnya nama saya sejak kecil (orang Bali pada umumnya punya nama Jelek dan nama Keren..) orang – orang di Kampung biasa manggil saya pake nama itu, jadi saat terjun ke dunia pertunjukan Lawak saya pikir kenapa ga langsung pake nama itu aja sekalian mumpung orang –orang udah pada tau saya dengan nama itu.. akhirnya nama itu saya pakai sampai sekarang.

Awal Karier sebagai pelawak memang udah kepikiran karakter Sengeng ini mau kaya gimana?

Awalnya emang saya  cuma iseng – iseng aja sampai saat kuliah dan mengambil jurusan Kerawitan di ISI, saya ngerasa ini emang harus ditekuni serius. Sebelum- sebelumnya saya ngikut – ngikut Karakter Pelawak Cedil yang merupakan idola saya. Hingga suatu hari setelah sering ikut disanggarnya Cedil, beliau menyarankan saya untuk membuat ciri khas dan  karakter sendiri. Nah dari sanalah saya akhirnya mulai bereksperimen untuk membuat riasan dengan karakter sendiri dan ya ini hasilnya yang sekarang udah Sengeng yang Paten ya kaya gini..

Yang bikin Karakter Sengeng ini beda sama Pelawak Bali yang lain apa nie?

Pada dasarnya kita ini sama ya.. punya tujuan menghibur masyarakat. Tapi kalo secara spesifik, saya berusaha menampilkan lawakan yang up to date sesuai dengan Penomena di masyarakat saat ini dan orang sering bilang kalo saya itu usil dalam kata – kata. Baik itu berupa sindiran atau sentilan tentang hal – hal yang terjadi kekinian.

Sengeng4 Sengeng1

Selain jadi Pelawak, ada kesibukan lain apa lagi?

Saat ini saya juga menekuni bisnis konveksi,  namanya “Sengeng Ngae Baju” ini udah saya tekuni sejak tahun 2011. Ya astungkara nama “Sengeng” ini udah banyak memberikan rejeki buat saya. Sekarang tinggal pinter –pinter bagi waktu aja..

Last nie, kasi Quote (kata – kata Mutiara) ala Sengeng donk?

Mmmm.. Apa yah.. Soalnya Saya bukan Pak Mario Teguh.. hehehe.. gini deh.. tekunin yang jadi Hobby, karena yang namanya rejeki itu ga pernah main- main, pasti Serius datangnya..

Salam Ciikidam Yee Yee.. (*gun)

About Balisoulmate