Home / News / The Mask Festival : Bukti Keragaman Topeng Nusantara

The Mask Festival : Bukti Keragaman Topeng Nusantara

balisoulmate.com – Bumi Nusantara Indonesia begitu banyak menyuguhkan keindahan, mulai dari lautan hingga pegunungan yang tiada batasan keindahan alamnya. Keindahan seni dan budaya dari sabang hingga ke merauke juga menjadi salah satu bentuk nyata keindahan yang dimiliki Indonesia. Berawal dari keragaman tersebut, digagaslah Festival Topeng Nusantara yang diadakan untuk perdana di Bali dengan mengambil lokasi di desa Mas Ubud. Acara yang bertemakan seni terutama topeng ini berlangsung dari tanggal 5 – 7 Desember 2015.

“ Untuk pertama kalinya event seperti ini diadakan di Indonesia,  acara ini diprakarsai oleh dinas kebudayaan kabupaten Gianyar. Adapun pesertanya diikuti oleh 6 Provinsi di Indonesia”  kata Wayan Eka Mustika selaku panitia pameran dalam festival topeng nusantara saat ditemui Soulmate Magz.

topeng nusantara7 topeng nusantara6 topeng nusantara5 topeng nusantara1 topeng nusantara

Ada tiga jenis topeng yang dipamerkan dalam event ini mate, Jenis Modern, Unik dan Tradisi. Tidak hanya sebatas pameran saja mate. Festival Topeng Nusantara juga mengadakan pementasan topeng, workshop dan juga seminar seputar topeng.

Meski baru pertama kali diadakannya, namun antusiasme dari pengunjung sangat diluar prediksi dari panitia, baik wisman maupun local sangat ramai mengunjungi event ini.(Bs/Gy)

About Media Soulmate