Home / News / Tips Atasi Pola Makan Yang Buruk

Tips Atasi Pola Makan Yang Buruk

balisoulmate.com – Makan adalah salah satu rutinitas dan hal yang wajib dilakukan manusia untuk bertahan hidup, nutrisi dari makan akan memberikan energi bagi tubuh. Namun dikutip dari liputan6.com kebiasaan yang buruk saat makan justru bisa menjadi sumber penyakit, berikut adalah beberapa tips mengatasi pola makan yang buruk.

1. Makan Lebih Pelan dan Nikmati setiap Suapan Makanan

Coba belajar untuk makan lebih pelan dan nikmati setiap suapan tersebut ke dalam mulut. Hal tersebut dapat membantu kita untuk merasa kenyang, sehingga tidak makan lebih dari yang diperlukan.

2. Jangan Makan Sambil Berdiri atau Kegiatan Lainnya

Jika Sobat Soulmate cenderung makan berlebihan ketika sedang sendiri atau kegiatan lainnya, mungkin kamu tidak memakai waktu makan seperti yang seharusnya.

3. Jangan Melewati Sarapan

Para ahli telah lama mengatakan kepada kita bahwa sarapan dapat membantu metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan terus menerus setelahnya. Sarapan juga merupakan kunci untuk menurunkan berat badan.

4. Kurangi Mengemil 

Jika tangan seringkali mengambil makanan ringan atau permen dari meja, hal pertama yang dapat dilakukan adalah pastikan makanan ringan tersebut tidak berada di tempat-tempat yang mudah di akses.

5. Perlu untuk merasa “penuh” setelah selesai makan

Latih otak dan tubuh untuk selalu merasa puas dengan merencanakan porsi makan yang lebih kecil ditambah dengan makanan kecil setelahnya, seperti irisan roti dengan olesan selai kacang atau keju. Membatasi konsumsi makanan sepanjang hari juga dapat mencegah lonjakan insulin dan membantu menjaga metabolisme tubuh untuk bekerja dengan baik, sehingga menjaga berat badan lebih mudah.

About Balisoulmate