Home / News / Tips dan Teknik Rem Longboard

Tips dan Teknik Rem Longboard

balisoulmate.com – Papan longboard tidak dilengkapi dengan rem mate, jadi ini menjadi salah satu tantangan bagi para rider longboard  dalam bermain olahraga ini.  Tantangan terbesarnya adalah dalam hal melakukan pengereman, karena bila salah maka akan berakibat fatal.  Dikutip dari  merdeka.com untuk mengurangi kecepatan, rider harus menggunakan gaya tersendiri yang harus dipelajari secara mendalam. Hal ini akan sangat berguna ketika harus berhadapan dengan turunan yang disusul dengan tikungan tajam setelahnya. Supaya tetap aman dan terkendal, kamu bisa mencoba beberapa tips dan teknik untuk mengurangi kecepatan longboard

1. Carving

Carving adalah teknik dasar longboarding dengan melakukan gerakan menyamping secara terus-menerus. Sebenarnya carving lebih digunakan untuk menambahkan kenyamanan dalam bermain longboard, tapi gaya ini juga bisa mengontrol kecepatan. Semakin lebar carving, semakin efektif pula kendali kecepatannya.

2. Air Brake

Untuk melakukan air brake, berdiri dengan tegak dan rentangkan tangan dan badan selebar mungkin, tangan dan badan berfungsi seperti layar yang akan mengurangi sedikit kecepatan dari longboard.

3. Slide Brake

Slide brake atau power slide biasa digunakan saat melakukan downhill atau freeride, yaitu untuk mengurangi kecepatan dalam waktu singkat sebelum masuk ke tikungan. Biasanya rider menggunakan bantuan tangan yang dilindungi oleh glove khusus longboard untuk menikung lebih tajam.

4. Sit Brake

Rider menundukkan badan seperti menduduki longboard dan melakukan gerakan sled. Kaki dibuka selebar mungkin agar papan benar-benar berhenti. Teknik ini salah satu yang paling sulit untuk dikuasai, mengingat untuk duduk dan berdiri lagi membutuhkan ketepatan yang pas.

5. Run Out

Bisa dibilang, ini adalah langkah akhir ketika tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecepatan. Cukup loncat dari papan dan imbangi dengan lari yang sangat cepat agar tidak terjatuh.

6. Foot Brake

Cara melakukannya yaitu dengan menggunakan sol sepatu untuk digesekkan ke permukaan aspal hingga kecepatan longboard menurun.

About Balisoulmate