Home / News / Tips Menangkal Alergi Bulu Binatang

Tips Menangkal Alergi Bulu Binatang

Ketika Anda sudah berkeluarga, kehadiran binatang peliharaan pasti bisa menambah keseruan suasana rumah. Terlebih untuk si kecil yang bisa belajar tanggung jawab dan kasih sayang pada makhluk lain di sekitarnya.

Namun hal yang cukup mengganggu, ialah bulu binatang kesayangan yang terkadang berterberan di udara. Bulu-bulu tersebut kemudian dapat menyebabkan alergi pernapasan, yang tentunya berbahaya bagi kesehatan keluarga.  berikut cara terhindar dari alergi bulu binatang.

Minimalisir kontak

Cara pertama yang dapat menghindarkan Anda dari alergi bulu binatang adalah dengan mengurangi kontak langsung dengan hewan tersebut. Jika sudah terjadi kontak, hindari datangnya alergi dengan cara mencuci tangan setelah kontak. Cuci dengan sabun antiseptik agar kebersihan tangan terjaga.

Jauhi dari sofa dan karpet

Menjauhkan binatang peliharaan dari sofa dan karpet bisa membantu Anda menghindari alergi. Hal ini karena, serat kain pada karpet dan sofa bisa menjadi tempat bersarangnya bulu dan debu, dari kulit binatang peliharaan. Jika si kecil tak sengaja menghirupnya, debu dan bulu tersebut akan terhirup masuk lewat hidung dan akan terbawa ke paru-paru.

Rutin membersihkan rumah

Keadaan rumah yang terjaga, alergi pada bulu binatang bisa dihindari. Sebab, jika Anda rutin melakukan pembersihan pada furnitur rumah, maka kemungkinan bulu hewan peliharaan menempel di lingkungan rumah akan semakin berkurang. Gunakan pembersih dan pengharum ruangan dengan kandungan oksigen agar ruangan rumah Anda tidak terkesan sumpek dan sempit.

Rutin memandikan binatang peliharaan

Penanganan dan perawatan yang baik dapat membantu alergi berkurang. Mandikanlah hewan peliharaan dua minggu sekali agar kebersihan badan hewan terjaga. Memandikan binatang peliharaan juga bisa mengangkat bulu-bulu rontok dan jamur yang menempel di tubuh binatang kesayangan sehingga hewan peliharaan tetap sehat.

Jaga kebersihan kandang

Hal penting lain yang harus dijaga adalah kebersihan kandang dari binatang kesayangan Anda. Karena kandang adalah tempat mereka beristirahat dan beraktivitas tanpa sepengetahuan Anda. Jika kebersihan kandang tak terjaga, maka bisa saja kuman di kandang menempel di tubuh binatang dan menyebar ke seluruh rumah.

<sumber:viva.co.id>

About Balisoulmate