Home / News / Tips Merawat Harddisk Eksternal

Tips Merawat Harddisk Eksternal

Hi Mate, jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai tips untuk memilih harddiks portable, maka di sini akan dijelaskan lebih lanjut lagi mengenai cara untuk merawat harddisk portable/eksternal itu sendiri.

Pada umumnya sebuah harddisk dapat mencapai ketahanan antara 5 – 10 tahun pada kondisi normal tergantung tipe dan vendornya. Tingkat kelembaban, suhu serta berbagai faktor lainnya juga dapat mengurangi umur harddisk. Namun belakangan ini, angka tersebut menurun menjadi 3-5 tahun akibat kurang baiknya merawat harddisk. Waktu yang sangat singkat untuk sebuah alat penyimpanan data yang berkapasitas tinggi bukan? Bayangkan nih mate, seberapa banyak data yang sobat simpan di harddisk, sehingga ketika itu rusak sobat akan kehilangan banyak data penting.

Untuk itu, ada beberapa hal nih yang harus sobat tau mengenai tanda-tanda harddisk yang bermasalah agar sobat semua dapat mengantisipasi kerusakan harddisk tersebut.

Data Corrupt

Jika sobat tidak bisa membuka file yang sobat simpan di harddisk, atau file yang sobat simpan tiba-tiba menghilang maka harus hati-hati loh sob, karena hal ini juga termasuk salah satu keadaan dimana si harddisk lagi kritis.

Bad Sector

Bad Sector merupakan area pada harddisk yang tidak dapat menjaga keutuhan data. Area ini menjadi sulit untuk dikenali sistem. Untuk hal ini, sobat soulmate harus berhati-hati ya, jangan sampai kalian salah artikan kasus ini sebagai virus computer karena bisa saja ini tanda-tanda kerusakan harddisk.

Harddisk Tidak Merespon

Ketika Harddisk sobat tidak menanggapi/merespon perintah yang diberikan komputer untuk membaca atau menulis data ke harddisk. Hal ini biasa disebut dengan hang loh mate. Hal ini juga merupakan hal yang kritis untuk harddisk kalian, jadi be aware ya sama tanda-tandanya.

Hard Disk Dapat Terformat, Tetapi Tidak Dapat Dibaca

Terkadang, sobat akan menformat harddisk kalian karena terdapat masalah tertentu. Namun tiba-tiba setelah diformat, harddisk sobat tidak dapat dibaca. Ini bisa saja merupakan tanda kerusakan mate, jadi hati-hati ya.

Karena tanda-tanda harddisk yang bermasalah sudah dijelaskan, nah sekarang giliran cara mencegahnya nih mate.

1.      Hindari Pencabutan Paksa Harddisk Setelah Dipakai

Biasanya banyak pengguna perangkat eksternal ketika terburu-buru akan langsung mencabut atau memutuskan penyambungan data secara paksa tanpa di eject dulu. Untuk kamu mate, usahakan jangan seperti itu ya, walaupun terburu-buru kamu juga harus memikirkan konsekuensinya. Karena, ketika sobat selalu mengulangi hal ini, kerusakan seperti bad sector akan terjadi pada hard disk kamu mate.

2.      Selalu gunakan opsi “Safely Remove Hardware”

Banyak sekali pengguna hardware seperti flashdisk dan harddisk menyepelekan opsi ini karena mereka berasumsi bahwa opsi ini tidak penting. Padahal, jika diperhatikan saat sobat menancapkan harddisk eksternal dan mulai mentransfer data, banyak data yang belum tertulis dengan benar pada piringan harddisk tersebut dan data-data tersebut masih tertinggal di cache memory. Kalau sobat memilih opsi safely remove hardware maka semua data yang ada pada cache memory akan terhapus sehingga data yang ada pada harddisk tidak akan rusak ketika sobat mencabut kabel USB harddisk. Selain itu opsi ini sangatlah penting karena pada beberapa hard disk eksternal, gagalnya penulisan data dapat menyebabkan Master Boot Record rusak dan menyebabkan hard disk harus di format ulang.

3.      Jangan Sampai Terbentur

Berbeda dengan flashdisk, harddisk masih memiliki komponen mekanik di dalamnya. Komponen ini sangat rawan benturan. Saat terjadi benturan pada harddisk ini pasti akan mengganggu komponen mekanik tersebut. Tidak sedikit kasus harddisk terbentur atau jatuh membuat isinya hancur dan berantakan. Jadi mate, hati-hati ya kalau membawa harddisk.

4.      Jauhkan dari Benda Cair

Tersiram air? Atau terjatuh ke kolam? Mungkin hal ini terdengar lucu bagi beberapa orang. Namun ternyata, banyak juga terdapat kasus hilangnya data harddisk akibat terkena siraman air ataupun terjatuh ke kolam. Ternyata, air itu musuhnya elektronik ya mate?

5.      Jauhkan dari benda yang mengandung magnet

Sebuah magnet cenderung menarik secara paksa suatu komponen mekanik dimana komponen mekanik harddisk rentan terhadap gerakan paksa. Hal ini dapat merusak system kerja harddisk tersebut. Tidak hanya itu, platter yang ada di dalam hard disk pun bisa rusak karena adanya medan magnet.

Nah, cara yang benar untuk merawat dan mencegah kerusakan harddisk mate udah dijelasin nih mate. Jadi, mulai sekarang bagi sobat yang pingin umur harddisknya lama, jangan menggunakan harddisk dengan asal-asalan ya.

<sumber:jagatreview.com>

About Balisoulmate