Home / News / Tips Merawat Motor Matic

Tips Merawat Motor Matic

Motor Matic memang telah menjadi tren di masyarakat, motor jenis ini dipilih karena praktis dan mudah dikendarai. Namun dalam merawat motor matic terdapat beberapa hal yang musti diperhatikan sobat soulmate,  hal ini dilakukan agar motor matic kamu  bisa digunakan dengan aman dan nyaman. Dikutip dari motorku.info ada beberapa tips merawat motor matic kamu mate.

1. Yang membedakan motor matic dan manual adalah fungsi rantai yang digantikan oleh van belt. Vanbelt ini berbahan dasar karet sehingga perawatanya membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Vanbelt memiliki batas pakai tersendiri oleh sebab itu, selalu periksa keadaan ataupun kondisi vanbelt anda setidaknya sebulan sekali.

merawat motor matic4 merawat motor matic3

2. Perawatan rem sama saja dengan motor AT kita hanya perlu mengecek kondisi kampas rem apakah sudah aus atau belum. Jika sudah aus sebaiknya langsung dilakukan penggantian kampas agar tidak merusak tromol ataupun piringan cakram. Untuk perawatan, sebaiknya kita juga rutin membersihkan kotoran yang menempel pada bidang cakram ataupun kampas agar tidak menyebabkan macet pada rem. Bagian minyak hidrolik juga harus selalu diperhatikan, periksa selalu apakah terjadi kebocoran atau tidak.

3. Untuk shock depan, bisa melakukan pengecekan dengan melihat kondisi seal yang terletak diantara batang shock dan tabungnya. Sedangkan untuk shock belakang, kita hanya perlu menjaga kebersihannya karena biasanya kotoran seperti tanah ataupun pasir bisa menjadi penyebab berkurangnya kemampuan pegas dari shock tersebut.

merawat motor matic2

4. Pilihlah ban yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan motor dan medan yang sering kita lalui. Hindari penggunaan ban yang terlalu besar ataupun kecil.

5. Untuk perawatan mesin pada motor matic, yang paling penting untuk dicermati adalah oli. Perhatikan jenis oli yang dipilih, pastikan kamu memilih jenis oli yang memiliki suhu rendah dan olinya tidak begitu pekat. Bila tidak mengetahuinya, sebaiknya hanya gunakan oli yang khusus dibuat untuk motor jenis matic. Gantilah oli mesin secara berkala sesuai dengan pemakaian .

About Balisoulmate