Home / Tip & Trik / Kiat Rawat Skateboard Biar tak Gampang Cedera

Kiat Rawat Skateboard Biar tak Gampang Cedera

Skateboard (Foto: google)

Skateboard (Foto: google)

Olahraga Skateboard luar biasa populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Begitu pula di Bali, banyak bermuculan komunitas skateboard. Skateboard pertama kali muncul pada era 1900-an. Sejalan waktu, skateboard berevolusi dan hanya sedikit menyisakan model mirip skuter masa lalu yang kikuk.

Saat ini skateboard memiliki daya manuver tinggi, ramping dan lebih cepat. Florida adalah rumah bagi fasilitas skateboard di ruang terbuka pada 1976. Sejak itu taman-taman mulai diciptakan di seluruh dunia demi olahraga itu sehingga membuatnya tetap populer hingga kini.

Meski skateboard sudah mengalami perjalanan panjang, aktivitas ini masih dianggap olahraga berbahaya. Para pengendara selalu direkomendasikan para pakar untuk menggunaka pelindung lutut, pelindung siku, helm dan sepatu anti selip. Peralatan tadi pun cuma untuk memperlunak efek jatuh, bukan memberi perlindungan total.

Merawat papan skateboard juga bisa mencegah kecelakaan yang menyebabkan cedera bagi pengguna. Berikut ini lima tip mudah dari essortment.com untuk menjaga papan skateboard sobat soulmate tetap prima.

 

Bagian-bagian skateboard

Bagian-bagian skateboard

Dek

Papan dek adalah bagian yang paling kerap mengalami ‘kekerasan’, seperti terbentur, diinjak keras dan terbanting. Ada waktunya sobat soulmate harus mengganti dek skateboard.

Untuk menghindari tak terlalu sering mengganti papan skateboard, beri perawatan seksama untuk memastikan dek skateboard selalu kering. Bila basah, keringkan sesegera mungkin. Dek kayu akan bergelombang ketika masuk ke air dan seiring waktu bakal memunculkan retakan dan akhirnya pecah. Bila dek retak maka sudah waktunya untuk mengganti.

Pelapis Antigesek/Grip Tape.

Selalu perhatikan kondisi pelapis antiselip di atas papan skateboard. Tentu kondisi bebas serpihan bahkan debu adalah yang terbaik. Sobat soulmate bisa menggunakan sikat kaku untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang melekat di bagian pelapis ini.

Sobat juga bisa menggunakan deterjen lembut dan air selama sobat mengingat untuk segera mengeringkan begitu selesai membersihkan.

Bila pelapis anda dalam kondisi buruk, segera ganti. Jika kesulitan mengangkat pelapis lama gunakan trik lama yakni menyemburkan udara hangat dari hairdryer. Cobalah untuk mengelupas di sisi tepi atau ujung dan terus semprot dengan hairdryer untuk menghangatkan ke bagian tengah sampai semuanya terkelupas dari papan. Begitu berhasil sobat bisa langsung menggantinya dengan pelapis baru.

Sambungan dengan Roda

Pastikan kalau sobat soulmate mengecek dengan rutin kondisi roda yang melekat di bawah papan skateboard. Skateboard selalu mengalami getaran dan guncangan saat digunakan sehingga memungkinkan mur dan baut di bagian roda kendur.

Kadang bila terjadi kecelakaan serius, papan bisa terlepas dari roda. Cek semua mur dan baut untuk memastikan semua terikat erat. Tapi juga berhati-hati agar tak memutar terlalu kuat. Kencangkan mur dan baut hingga anda tak bisa memutar lagi dengan tenaga normal lalu berhentilah. Juga pastikan mengecek bantalan karet dan engsel putar. Bagian ini termasuk yang kerap mengalami benturan sehingga mungkin bakal sering diganti.

Roda dan Poros

Pastikan bahwa roda pada skateboard juga kencang dengan benar. Cek kondisi roda untuk memastikan mereka halus dan rata satu sama lain. Bila roda menunjukkan tanda-tanda aus dan terlihat tidak rata atau melorot ke bawah, sobat harus segera menggantinya.

Poros atau as roda harus dibersihkan atau bahkan diganti bila roda tak bisa bergerak bebas. Beberapa tipe poros bisa dilepas dan dibersihkan, sementara tipe lain mesti diganti langsung. Sobat harus mengecek keluaran mana skateboard tersebut untuk mencari tahu produk yang direkomendasikan.

Pelumas

Cek rutin semua sambungan bergerak di skateboard milik sobat dan pastikan mereka bisa bergerak leluasa tapi tidak kendur. Bila tidak, lumasi bagian tersebut. Tanpa pelumas poros dan engsel akan aus dengan cepat. Pastikan menggunakan pelumas khusus skataboard. Beberapa pelumas kadang menangkap kotoran, jadi cek secara rutin kebersihan skateboard sobat.

(DIolah dari: republika.co.id)

About Balisoulmate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*